ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK END 202 DENGAN METODE SPC PADA PT. UNITED CAN COMPANY LTD

ROMANIKHO, RUMICH (2015) ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK END 202 DENGAN METODE SPC PADA PT. UNITED CAN COMPANY LTD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

PT United Can Company (UCC) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan kaleng. PT. UCC telah memberikan kontribusi dalam perekonomian Indonesia, serta kerjasamanya dengan perusahaanperusahaan lain, baik di daalam maupun di luar negeri. Salah satu ujung tombak PT. UCC adalah Departemen Press Two Piece Can, yang bertugas memproduksi tutup kaleng salah satunya produk Stay On Tab 200 yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Agar dapat selalu siap menghadapi berbagai permintaan dari pelanggan khususnya dalam hal kualitas, maka diperlukan suatu pengendalian kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat efektifitas pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik. Analisa ini menggunakan alat bantu berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab akibat. Check sheet dan histogram digunakan untuk mengumpulkan data. Peta kendali, pareto dan fishbone digunakan untuk analisis dan mencari penyebab masalah. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan, serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah jenis kerusakan yang dominan yaitu latek bolong / kosong (20%), serta scrap mark (17%). Dari Analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kerusakan berasal dari faktor manusia/pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/bahan baku, dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat kerusakan dan meningkatkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41609120037
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Alat Bantu Statistik, Kerusakan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan > 025.34 Cataloging, Classification, Indexing of Special Materials/Pengatalogan, Klasifikasi, Pengindeksan Bahan Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:39
Last Modified: 23 Dec 2024 08:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93236

Actions (login required)

View Item View Item