APLIKASI JENIS-JENIS HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN SINGLE MARKER

WULANDARI, RETNO (2014) APLIKASI JENIS-JENIS HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN SINGLE MARKER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Augmented reality (AR) is a real display either directly or indirectly by adding virtual information that is generated by a computer. Augmented Reality presents an alternative solution to existing developments, namely the view that in the plant for the depiction of information. The purpose of designing applications that use augmented reality android will be beneficial to young children to learn to know the type kind of animals there. The purpose of designing augmented reality applications that use the single marker method is to create applications that can be easily understood by children and implement early childhood learning applications with multimedia features in an interesting and interactive applications. This learning application designed using by Blender and Unity3D, and was applied to the minimum ARMv7 processor android smartphone and android operating systems have a minimum 2.2 (froyo). From the simulation result we can conclude that from 10 – 50 cm distance, the marker can still be detected so the application can get a good 3D animal object. Keywords: augment reality, application types of animals to children, learn to know the type of animal Augmented reality (AR) adalah tampilan nyata baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menambahkan informasi maya yang dihasilkan oleh komputer. Augmented reality menyajikan solusi alternatif untuk perkembangan yang ada sekarang yaitu mengenai tampilan yang di tanamkan untuk penggambaran informasi. Tujuan dari perancangan aplikasi augmented reality yang mengunakan metode single marker ini adalah membuat aplikasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh anak-anak usia dini dan mengimplementasikan aplikasi pembelajaran dengan fitur multimedia dalam sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif. Aplikasi pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan software Blender dan Unity3D , dan diaplikasikan pada smartphone android berprosesor minimal ARMv7 dan mempunyai sistem operasi android minimal 2.2 (froyo). Dari hasil pengujian dapat disimpulkan jarak 10 – 50 cm marker masih terdeteksi dengan baik sehingga aplikasi dapat menampilkan objek hewan 3D. Kata Kunci : augment reality , aplikasi jenis – jenis hewan untuk anak - anak , belajar mengenal jenis - jenis hewan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41510010044
Uncontrolled Keywords: augment reality , aplikasi jenis – jenis hewan untuk anak - anak , belajar mengenal jenis - jenis hewan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:47
Last Modified: 04 Dec 2024 03:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92986

Actions (login required)

View Item View Item