APLIKASI FLASH CARD JENIS - JENIS SAYURAN

MUHSLIMIN, MUHSLIMIN (2014) APLIKASI FLASH CARD JENIS - JENIS SAYURAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal Aplikasi Flash Card Jenis - Jenis Sayuran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Education system is currently experiencing a rapid increase in demand. Along with improvements in the facilities and infrastructure, indirectly changing the way humans live among them in terms of learning. Therefore, it is necessary to develop a media that can help children in reading. Given advanced multimedia technology nowadays, it is expected to help ease the process of teaching and learning in early childhood. Flash card application "Vegetables Varieties" is one of the multimedia-based computerized learning methods developed to facilitate the learning process, intended to supplement existing conventional methods. It is used as a medium for learning alphabet letters with shades equipped with pictures of vegetables as well as the pronunciation of the letter sound they are expected to attract children to learn. In this study the authors used the stages of data collection methods to the study of literature with the concept version of the Multimedia Development Luther - Sutopo are the concept, design, collection materials, manufacture, testing and distribution. While in the process of making an application writer using Adobe Flash Professional software cs 6 with action script 3.0 programming language. Graphics software used is Adobe Photoshop CS6. With the establishment of Flash Card Application Types of vegetable-based multimedia can be used as a medium of choice in the process of learning to read, especially children aged 3-6 years, with a multimedia learning methods can be brought more active child so as to reduce the saturation in children. Keywords: Application flashcard, game flash cards multimedia, Adobe flash profesional cs 6, action script 3.0 Sistem pembelajaran saat ini menagalami peningkatan yang pesat. Seiring dengan semakin baiknya sarana dan infratruktur, secara tidak langsung mengubah cara hidup manusia diantaranya dalam hal belajar. Oleh karena itu dipandang untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu anak dalam hal membaca. Dengan adanya teknologi multimedia sekarang ini, maka diharapkan dapat membantu kemudahan dalam proses belajar mengajar pada anak usia dini. Aplikasi flash card Jenis-jenis sayuran berbasis multimedia merupakan salah satu metode pembelajaran terkomputerisasi yang dikembangkan untuk mempermudah proses belajar mengajar, Metode ini sebagai penunjang metode konvensional yang ada. Aplikasi Flash Card Jenis-jenis sayuran ini digunakan sebagai media pembelajaran pramembaca huruf alphabet dengan nuansa multimedia yang dilengkapi dengan gambar-gambar sayuran serta suara pelafalan huruf sehingga diharapkan dapat menarik minat anak untuk belajar. Dalam tahapan penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan studi literatur dengan konsep Pengembangan Multimedia versi Luther – Sutopo yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Sementara pada proses pembuatan aplikasi penulis menggunakan perangkat lunak Adobe flash profesional cs 6 dengan bahasa pemrogramannya action script 3.0. Perangkat lunak grafis yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS6. Dengan dibuatnya Aplikasi Flash Card Jenis-jenis sayuran berbasis multimedia dapat digunakan sebagai salah satu media pilihan dalam proses belajar membaca khususnya anak – anak umur 3 - 6 tahun, dengan metode pembelajaran multimedia anak dapat dibawa lebiah aktif sehingga dapat mengurangi kejenuhan pada anak. Kata Kunci: Aplikasi Flashcard, Game flash card, Multimedia, Adobe flash profesional cs 6, action script 3.0

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41509120020
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Flashcard, Game flash card, Multimedia, Adobe flash profesional cs 6, action script 3.0
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:56
Last Modified: 03 Dec 2024 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92976

Actions (login required)

View Item View Item