PUTRA, RICO ARIES (2014) INFORMASI MUSEUM BERBASIS MOBILE DI JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
Abstract
Asthe State Capital,Jakartais the center ofgovernment, economy, trade, notonly thatJakartais an arearich intouristpotentials, including thehistorical heritagesightssuch asFatahillahMuseum, MandiriMuseum, PuppetMuseum, Museum ofFine ArtsandCeramics, etc, whichkususnyalocated inwest Jakarta. In accordancewiththe aboveformula, the authorsput forwardthe goalofthisresearchisthatpeople are moreconcernedtoseekinformationandunderstand thenation's own cultural knowledgethat is widely availablein the museum, itrequiresinteractions a morerapidandefficient in providinginformationto usersaboutthe placesthisapplicationhistoricalplacessuch asthe museum, which is seenasahistoricsociety. Withthis application, itis expected to helpusersto getthe information needed. Methodology usedin themaking ofthis applicationis themethodologyLuther. The purposeofmaking this applicationtoproduceamobile applicationthatcanprovidethe informationthat is expectedto makethe publicmore familiar withthe museumas a placeof recreationwhile gaininginformationandknowledge. Then theconclusionsthat can be drawnis thatthis applicationis expectedto helpuserstofind outabout the historystored in theexistingmuseumjakarta, andhopefully canattract visitorstobe more concernedwith themuseumat jakarta. Keywords :Museums Information, mobile, luther medodelogi Sebagai Ibukota Negara, Jakarta merupakan pusat pemerintah, perekonomian, perdagangan, bukan hanya itu Jakarta merupakan daerah kaya akan potensi wisata, diantaranya adalah obyek wisata peninggalan sejarah seperti Museum Fatahillah, Museum Mandiri, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dll, kususnya yang terletak di kawasan jakarta barat. Sesuai dengan rumusan diatas, maka penulis mengemukakan tujuan dari penelitian ini adalah supaya masyarakat lebih peduli untuk mencari informasi dan memahami pengetahuan budaya bangsa sendiri yang banyak terdapat di museum, maka membutuhkan interaksi yang lebih cepat dan efisien dalam memberikan Informasi kepada pengguna aplikasi ini tentang tempat-tempat sejarah seperti museum, yang dipandang masyrakat sebagai tempat bersejarah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa membantu pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Metodelogi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini ialah metodelogi Luther. Tujuan dari pembuatan aplikasi iniuntuk menghasilkan aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi yang di harapkan membuat masyarakat luas lebih mengenal museum sebagai tempat berekreasi sambil mendapatkan informasi dan ilmu. Maka kesimpulan yang dapat diambil ialah diharapkan aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk mengetahui tentang sejarah yang tersimpan didalam museum yang ada dijakarta, dan semoga bisa menarik pengunjung untuk lebih peduli dengan adanya museum dijakarta. Kata Kunci : Informasi Museum, mobile, metodelogi luther.
Actions (login required)
View Item |