MENGENDALIKAN RJECTION VALUE DI DEPARTEMEN QUALITY ASSURANCE PT.ASTRA OTOPARTS TBK DENGAN TOOLS HISTOGRAM DAN PICA (PROBLEM IDENTIFICATION CORRECTIVE ACTION)

ESA NOVIRIWANTO, REFKI (2015) MENGENDALIKAN RJECTION VALUE DI DEPARTEMEN QUALITY ASSURANCE PT.ASTRA OTOPARTS TBK DENGAN TOOLS HISTOGRAM DAN PICA (PROBLEM IDENTIFICATION CORRECTIVE ACTION). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

Barang-barang reject pasti akan selalu ada dalam setiap usaha bisnis, terutama bisnis spare part kendaraan bermotor yang dilakukan oleh PT. Astra Otoparts Tbk (PT. AOP). Barang reject tidak bisa dihilangkan atau dilenyapkan, tinggal bagaimana caranya perusahaan bisa mengendalikan & mereduksinya. Masalah yang dijelaskan disini adalah setiap pengiriman barang dari Supplier ke PT. Astra Otoparts Tbk selalu ditemukan barang reject. Tim Quality Assurance PT. AOP sebagai departemen yang bertanggung jawab atas kualitas barang, selalu melaporkan setiap kejadian temuan barang reject tersebut. Sehingga perlu dilakukan sejumlah perbaikan yang harus dilakukan oleh Supplier. Dalam melakukan setiap perbaikan, PT Astra Otoparts Tbk berusaha untuk membantu Supplier tersebut agar masalah yang sama tidak terjadi kembali di masa yang akan datang. Perlu diketahui bahwa di dalam departemen Quality Assurance PT. AOP memiliki dua tim dalam menangani kualitas barang yaitu : Quality Control & Claim Handling. Tim Quality Control memiliki tugas untuk melakukan pengecekan kualitas barang yang dikirimkan oleh Supplier ke dalam gudang. Sedangkan tim Claim Handling memiliki tugas untuk melakukan pengecekan barang reject yang di klaim oleh Customer & diputuskan layak atau tidaknya untuk dilakukan penggantian barang kepada Customer. Dalam langkah untuk membantu Supplier dalam melakukan perbaikan, departemen Quality Assurance PT. AOP membentuk tim baru yaitu, Quality Support. Dimana dalam melakukan tugasnya tersebut, tim Quality Support memiliki beberapa Job desc yang bisa membuat barang reject yang ada pada pengiriman barang bisa dikurangi di masa yang akan datang. Tools Quality yang digunakan oleh tim Quality Support dalam menangani barang reject adalah menggunakan Histogram & PICA. Dalam tools tersebut, barang reject dipetakan apa saja masalah yang sering terjadi. Kemudian pemetaan masalah tersebut disampaikan kepada Supplier untuk dilakukan perbaikan atas masalah-masalah yang sering terjadi. Lalu masalah tersebut oleh Supplier diidentifikasi & dijelaskan langkah perbaikan apa yang akan dilakukan, sehingga masalah tersebut bisa diselesaikan. Proses perbaikan yang dilakukan oleh Supplier diberi target waktu, supaya tim Quality Support mengetahui kapan masalah tersebut telah selesai diperbaiki. Dalam penelitian ini, tim Quality Support mampu melakukan tugasnya tersebut. Setiap Supplier bisa mengurangi jumlah barang reject yang ada di setiap pengiriman barang setelah dibantu oleh tim Quality Support dalam proses perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 412613320013
Uncontrolled Keywords: Reject, Klaim, Supplier, Histogram, PICA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 354 Administration of Economy/Departemen Perekonomian > 354.6 Administration of Industries/Departemen Perindustrian
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:25
Last Modified: 15 Nov 2024 06:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92823

Actions (login required)

View Item View Item