ESA NOVIRIWANTO, REFKI (2015) MENGENDALIKAN RJECTION VALUE DI DEPARTEMEN QUALITY ASSURANCE PT.ASTRA OTOPARTS TBK DENGAN TOOLS HISTOGRAM DAN PICA (PROBLEM IDENTIFICATION CORRECTIVE ACTION). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
Hal Cover.pdf Download (759kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
Abstract
Barang-barang reject pasti akan selalu ada dalam setiap usaha bisnis, terutama bisnis spare part kendaraan bermotor yang dilakukan oleh PT. Astra Otoparts Tbk (PT. AOP). Barang reject tidak bisa dihilangkan atau dilenyapkan, tinggal bagaimana caranya perusahaan bisa mengendalikan & mereduksinya. Masalah yang dijelaskan disini adalah setiap pengiriman barang dari Supplier ke PT. Astra Otoparts Tbk selalu ditemukan barang reject. Tim Quality Assurance PT. AOP sebagai departemen yang bertanggung jawab atas kualitas barang, selalu melaporkan setiap kejadian temuan barang reject tersebut. Sehingga perlu dilakukan sejumlah perbaikan yang harus dilakukan oleh Supplier. Dalam melakukan setiap perbaikan, PT Astra Otoparts Tbk berusaha untuk membantu Supplier tersebut agar masalah yang sama tidak terjadi kembali di masa yang akan datang. Perlu diketahui bahwa di dalam departemen Quality Assurance PT. AOP memiliki dua tim dalam menangani kualitas barang yaitu : Quality Control & Claim Handling. Tim Quality Control memiliki tugas untuk melakukan pengecekan kualitas barang yang dikirimkan oleh Supplier ke dalam gudang. Sedangkan tim Claim Handling memiliki tugas untuk melakukan pengecekan barang reject yang di klaim oleh Customer & diputuskan layak atau tidaknya untuk dilakukan penggantian barang kepada Customer. Dalam langkah untuk membantu Supplier dalam melakukan perbaikan, departemen Quality Assurance PT. AOP membentuk tim baru yaitu, Quality Support. Dimana dalam melakukan tugasnya tersebut, tim Quality Support memiliki beberapa Job desc yang bisa membuat barang reject yang ada pada pengiriman barang bisa dikurangi di masa yang akan datang. Tools Quality yang digunakan oleh tim Quality Support dalam menangani barang reject adalah menggunakan Histogram & PICA. Dalam tools tersebut, barang reject dipetakan apa saja masalah yang sering terjadi. Kemudian pemetaan masalah tersebut disampaikan kepada Supplier untuk dilakukan perbaikan atas masalah-masalah yang sering terjadi. Lalu masalah tersebut oleh Supplier diidentifikasi & dijelaskan langkah perbaikan apa yang akan dilakukan, sehingga masalah tersebut bisa diselesaikan. Proses perbaikan yang dilakukan oleh Supplier diberi target waktu, supaya tim Quality Support mengetahui kapan masalah tersebut telah selesai diperbaiki. Dalam penelitian ini, tim Quality Support mampu melakukan tugasnya tersebut. Setiap Supplier bisa mengurangi jumlah barang reject yang ada di setiap pengiriman barang setelah dibantu oleh tim Quality Support dalam proses perbaikan.
Actions (login required)
View Item |