LESTARI, HILDA PUSPITA AJI (2024) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA PERLINTASAN SEBIDANG JALAN DAN JALUR KERETA API. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 01 Cover.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB 2)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
Text (BAB 3)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text (BAB 4)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB 5)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
Text (DAFTAR PUSAKA)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41122120056 - Hilda Puspita Aji Lestari - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Judul : Analisis Kinerja Lalu Lintas Pada Perlintasan Sebidang Jalan dan Jalur Kereta Api (Studi Kasus : Ruas Jalan Pejompongan Raya Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta). Nama : Hilda Puspita Aji Lestari, NIM: 41122120056, Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Hermanto Dwiatmoko, MSTr., IPU., 2024. Infrastruktur jalan merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung perekonomian suatu negara, yang berfungsi memfasilitasi pergerakan manusia dan distribusi barang serta jasa. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, masalah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas sering terjadi, terutama di titik-titik perlintasan sebidang antara jalan raya dan jalur kereta api. Jalan Pejompongan Raya adalah salah satu ruas jalan yang memiliki perlintasan sebidang dengan jalur kereta api, yang sering menjadi sumber kemacetan dan kecelakaan. Kemacetan di perlintasan ini disebabkan oleh tingginya frekuensi perjalanan kereta api komuter yang melintas dan tingginya volume kendaraan, terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas pada perlintasan sebidang di Jalan Pejompongan Raya, Jakarta Pusat dengan mengukur volume lalu lintas, kecepatan operasional, dan tingkat pelayanan jalan (Level of Service atau LOS) untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi lalu lintas di perlintasan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei melalui observasi langsung di lapangan. Survei dilakukan selama 7 hari pada jam-jam sibuk (06.00 - 09.00 dan 15.00 - 18.00) pada periode April hingga Juni 2024. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, yang mencakup perhitungan kapasitas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan operasional, dan LOS. Berdasarkan hasil analisis kinerja lalu lintas menunjukkan bahwa ruas Jalan Palmerah Timur ke Jalan Pejompongan Raya memiliki kapasitas 3.434 smp/jam dengan tingkat kejenuhan tertinggi 1,00 pada hari Rabu pagi, kecepatan operasional 30 km/jam, dan panjang antrian terpanjang 344 meter. Ruas Jalan Gatot Subroto belok kiri ke Jalan Pejompongan Raya memiliki kapasitas 3.162 smp/jam dengan tingkat kejenuhan tertinggi 0,78 pada hari Rabu pagi, kecepatan operasional 43 km/jam, dan panjang antrian terpanjang 248 meter. Level of Service pada Jalan Pejompongan Raya ini bernilai rata-rata C dan LOS terburuk ada di hari Rabu pada pagi hari dengan nilai E dari arah Jalan Palmerah. Fasilitas jalan di perlintasan sebidang Jalan Pejompongan Raya belum memenuhi standar teknis sehingga dapat mengakibatkan kurang optimalnya keselamatan dan kenyamanan. Solusi yang direkomendasikan dalam mengatasi permasalahan kemacetan meliputi penutupan perlintasan dengan rekayasa lalu lintas, perbaikan konstruksi jalan, serta pembangunan jalan layang dan underpass untuk menghilangkan konflik antara kendaraan dan kereta api, sehingga arus lalu lintas dapat mengalir lebih lancar tanpa harus berhenti saat kereta api melintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41122120056 |
Uncontrolled Keywords: | Perlintasan Sebidang; Kemacetan; Keselamatan; Kapasitas; Level of Service (LOS) |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:57 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:57 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92136 |
Actions (login required)
View Item |