PENGARUH TRANSFER PRICING, INTENSITAS PERSEDIAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN KONEKSI POLITIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 - 2022)

AGUSTINA, ANANDA ROSSA (2024) PENGARUH TRANSFER PRICING, INTENSITAS PERSEDIAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN KONEKSI POLITIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 - 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Tax aggressiveness is the company's aggressive actions in responding to tax obligations to the government so that the amount of tax paid to the state decreases. This study aims to empirically examine the effect of transfer pricing, inventory intensity, sales growth, and political connections on tax aggressiveness The population used is 113 manufacturing companies in the consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange (ISC) in 2020 - 2022. Sample retrieval using a purposive sampling method and the companies selected as samples were 36 companies. The data used in this research is secondary data obtained from financial reports and annual reports via the official website of the Indonesia Stock Exchange (ISC) or via the official website of the relevant company. The research uses multiple linear regression analysis techniques with the Statistical Product and Services Solution (SPSS) program version 25. The research results showed that transfer pricing, inventory intensity and political connections does not effect on tax aggressiveness. Meanwhile sales growth had a negative and significant effect on tax aggressiveness. Keywords: Transfer Pricing, Inventory Intensity, Sales Growth, and Political Connections and Tax Aggressiveness. Agresivitas pajak merupakan tindakan perusahaan yang agresif dalam merespon kewajiban perpajakan kepada pemerintah sehingga jumlah pajak yang dibayarkan kepada negara semakin sedikit. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji secara empiris pengaruh transfer pricing, intensitas persediaan, pertumbuhan penjualan, dan koneksi politik terhadap agresivitas pajak. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2020 – 2022. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan perusahaan yang terpilih sebagai sampel sebanyak 36 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) atau melalui situs web resmi dari perusahaan terkait. Penelitian menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan program Statistical Product and Services Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pricing, intensitas persediaan dan koneksi politik tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Sementara itu, pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Transfer Pricing, Intensitas Persediaan, Pertumbuhan Penjualan, Koneksi Politik.dan Agresivitas Pajak

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK 24 210
NIM/NIDN Creators: 43220010166
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Intensitas Persediaan, Pertumbuhan Penjualan, Koneksi Politik.dan Agresivitas Pajak
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 336 Public Finance/Keuangan Negara > 336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.46 Tax Accounting/Akuntansi Pajak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.7 Management of Supplies/Manajemen Persediaan
600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:44
Last Modified: 19 Sep 2024 01:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91532

Actions (login required)

View Item View Item