SYAIFUDIN, PRADINA MAGHAVIRA AZZUKHRUF (2024) INTEGRASI SISTEM KEAMANAN LISTRIK ALIRAN ATAS (LAA) DENGAN KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CANNY DAN HOUGHLINES UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN OPERASI KRL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 01 Cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text (BAB 2)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB 3)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text (BAB 4)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
||
Text (BAB 5)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41422120071 - Pradina Maghavira AS - 09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk industri perkeretaapian. Salah satu inovasi terbaru adalah pengoperasian kereta api otomatis pada level Grade of Automation (GOA) 4, di mana kereta beroperasi sepenuhnya tanpa intervensi manusia. Salah satu aspek kritis dalam operasi kereta otomatis adalah sistem Listrik Aliran Atas (LAA), yang memerlukan perhatian khusus untuk menjaga keamanan dan keberlangsungan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan operasi Kereta Rel Listrik (KRL) melalui integrasi sistem keamanan LAA dengan kecerdasan buatan. Sistem ini dirancang untuk mengendalikan kecepatan kereta secara otomatis ketika melewati air section, yaitu titik pertemuan antara dua sumber listrik dari gardu yang berbeda. Material kabel yang digunakan dalam LAA adalah tembaga, yang rentan terhadap percikan api akibat gesekan dengan pantograph, terutama di area air section. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan algoritma Canny untuk pendeteksian tepi dan algoritma HoughLines untuk pendeteksian garis dalam pengolahan citra. Proses pengolahan citra dilakukan menggunakan pustaka perangkat lunak OpenCV, dengan tahap awal penghalusan gambar menggunakan filter Gaussian dengan kernel 5x5 dan thresholding dengan nilai 125 untuk mengubah gambar ke dalam bentuk biner. Sistem ini juga menggunakan kamera untuk mendeteksi jalur listrik aliran atas dan area air section, serta mikrokontroler sebagai pusat kontrol yang mengendalikan laju kereta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dirancang dapat mendeteksi garis listrik aliran atas dengan tingkat akurasi yang memadai, yaitu 45,00% pada kondisi pencahayaan yang cukup dan 13,02% pada kondisi pencahayaan yang kurang. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan keandalan dan keamanan operasi KRL, mengurangi risiko keausan pada perangkat lapangan, dan memastikan kontinuitas suplai listrik pada sistem LAA.
Actions (login required)
View Item |