ANALISIS PESAN KAMPANYE DI TIKTOK @PANDAWARAGROUP DALAM MENDORONG KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce)

MULYONO, BAYU SHENDY (2024) ANALISIS PESAN KAMPANYE DI TIKTOK @PANDAWARAGROUP DALAM MENDORONG KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)

Abstract

In the modern era, information technology is rapidly evolving, communicating and carrying out various activities through the Internet. Social media is now a part of society, especially young people. TikTok is a popular social media application because it allows content creators to create short videos based on their own creative ideas. The river cleaning movement, promoted by the TikTok account @pandawaragroup, is one of the most popular and publicly attracted content. This study uses the concepts of verbal and non-verbal communication that were then studied using Charles Sanders Pierce's semiotic analysis classified by object, representation, interpretant. This research uses a constructivist paradigm. The approach to this research is a qualitative approach with the semiotic analysis method of Charles Sanders Pierce. The analysis unit on this study is the role of the pandawara at TikTok in raising public awareness of environmental hygiene. Data collection techniques are obtained through observation and literature study. Data analysis techniques in this study are based on pierce's semiotic theory. The result of this research is a Pandawara TikTok video that gives meaning to inspire many people to participate in hygiene and involve the local community. The social action undertaken by the Pandawara Group in cleaning up the garbage is a very valuable form of contribution in shaping a clean, healthy, and sustainable environment. Keywords: Hygiene, Pandawara, Semiotics, Message, Analysis, Tiktok Di era modern, teknologi informasi berkembang dengan cepat berkomunikasi dan melakukan berbagai kegiatan melalui internet. Media sosial sekarang menjadi bagian dari masyarakat, terutama anak muda. TikTok adalah media sosial yang populer karena aplikasinya memungkinkan pembuat konten untuk membuat video pendek berdasarkan ide kreatif mereka sendiri. Gerakan membersihkan sungai, yang dipromosikan oleh akun TikTok @pandawaragroup, adalah salah satu konten yang paling disukai dan menarik perhatian publik. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi verbal dan non-verbal yang kemudian diteliti menggunakan analisa semiotika Charles Sanders Pierce yang diklasifikasikan berdasarkan object, representament, interpretant. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Unit analisis pada penelitian ini adalah peran pandawara di TikTok dalam mendorong kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan studi literatur. Teknik analisis data pada penelitian ini berdasarkan pada teori semiotika pierce. Hasil Penelitian ini adalah video TikTok Pandawara memunculkan makna memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan serta melibatkan masyarakat setempat. Aksi sosial yang dilakukan oleh Pandawara Group dalam membersihkan sampah adalah bentuk kontribusi yang sangat berharga dalam membentuk lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Kata Kunci: kebersihan, pandawara, semiotika, pesan, analisis, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 170
NIM/NIDN Creators: 44220010092
Uncontrolled Keywords: kebersihan, pandawara, semiotika, pesan, analisis, TikTok
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 613 Personal Health, Hygiene/Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.4 Personal Cleanliness/Kebersihan Diri dan Individu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 14 Sep 2024 06:41
Last Modified: 14 Sep 2024 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91413

Actions (login required)

View Item View Item