SAEFUDIN, MUHAMMAD DHANI (2024) RANCANG BANGUN SISTEM KETINGGIAN ARAH PANCARAN LAMPU OTOMATIS PADA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN SUDUT PITCH KENDARAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 02 Cover.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 03 Abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 04 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (BAB 2)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 05 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text (BAB 3)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 06 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text (BAB 4)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 07 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB 5)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 08 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41319120049 - Muhammad Dhani Saefudin - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Pancaran lampu yang terlalu keatas dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, hal ini diakibatkan oleh penyetelan yang salah ataupun akibat dari terjadinya dinamika pitch kendaraan. Pemerintah Indonesia mengatur regulasi arah pencahayaan ini melalui undang undang No. 55 Tahun 2012 Pasal 24, dengan batasan perubahan ketinggian dengan beban dan tanpa beban sebesar 1,3%. Dinamika pitch kendaraan akibat beban dapat memengaruhi arah pancaran sinar lampu depan sepeda motor. Ketidakstabilan dalam menyesuaikan arah pancaran sinar lampu kendaraan bervariasi, baik dengan maupun tanpa beban. Walaupun penyesuaian arah pancaran sinar lampu kendaraan dapat diubah, tetapi proses penyesuaian tersebut tidak efisien dan rumit. Membangun purwarupa sistem penyesuaian ketinggian lampu depan otomatis berdasarkan desain yang telah dibuat, termasuk pembuatan rumah motor servo dan pemasangan lampu LED. Berdasarkan pengujian tersebut, ditemukan bahwa dengan sistem bekerja, perbedaan tinggi akhir adalah 2 mm atau sekitar 0,27% dari tinggi awal (72,7 cm - 72,5 cm), sementara tanpa sistem, perbedaan tinggi akhir adalah 27 mm atau sekitar 3,72% dari tinggi awal (72,5 cm - 75,2 cm). Selain itu, sudut pitch dengan beban berkisar dari 9 derajat hingga 6,7 derajat. Pengukuran pancaran sinar lampu depan menunjukkan bahwa ketinggian sinar lampu depan mematuhi peraturan pemerintah, yaitu 0,27% dengan sistem bekerja dan 3,57% dengan sistem mati. Selain itu, bias cahaya dengan hasil pengukuran pancaran sinar lampu depan menggunakan pengukur lampu depan sesuai dengan peraturan pemerintah, yaitu tidak melebihi 0o 34’ke kanan dan 1o 9’ ke kiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41319120049 |
Uncontrolled Keywords: | Pitch Kendaraan, Dinamika Sepeda Motor, Pancaran Sinar Lampu kendaraan, Beban Kendaraan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 04:30 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 04:30 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90963 |
Actions (login required)
View Item |