APLIKASI CHATBOT SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN STOK BARANG: STUDI KASUS PADA PT. UNIVERSAL DIMENSI KOMPUTER

LOURENZA, CYNTHIA (2024) APLIKASI CHATBOT SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN STOK BARANG: STUDI KASUS PADA PT. UNIVERSAL DIMENSI KOMPUTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TALK)
TALK+41520110007+CYNTHIALOURENZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

In the modern trade era, inventory management has become crucial in the operations of a company. PT. Universal Dimensi Komputer, a rapidly growing information technology company, faces challenges in managing inventory. Advances in technology, particularly artificial intelligence (AI) and communication, open up opportunities for chatbots as a solution for efficient inventory management. Although PT. Universal Dimensi Komputer has an inventory management system, the potential of chatbots has not been fully utilized. This research aims to investigate to what extent the inventory management system meets efficiency needs, whether the implementation of chatbots can improve efficiency, and how chatbot performance is in the information technology industry. Through a case study, this research analyzes the effectiveness, performance, and impact on the efficiency of chatbots. The benefits include academic contributions, providing practical guidelines for companies, and serving as a reference for further research. Dalam era perdagangan modern, pengelolaan stok barang menjadi krusial dalam operasional perusahaan. PT. Universal Dimensi Komputer, perusahaan teknologi informasi yang berkembang pesat, menghadapi tantangan dalam mengelola inventaris. Kemajuan teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI) dan komunikasi, membuka peluang chatbot sebagai solusi untuk efisiensi manajemen stok. Meskipun PT. Universal Dimensi Komputer memiliki sistem manajemen stok, potensi chatbot belum sepenuhnya dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sejauh mana sistem manajemen stok memenuhi kebutuhan efisiensi, apakah implementasi chatbot dapat meningkatkan efisiensi, dan bagaimana kinerja chatbot dalam industri teknologi informasi. Melalui studi kasus, penelitian ini menganalisis efektivitas, kinerja, dan dampak terhadap efisiensi chatbot. Manfaatnya termasuk kontribusi akademis, memberikan panduan praktis untuk perusahaan, dan menyediakan acuan untuk penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 24 180
NIM/NIDN Creators: 41520110007
Uncontrolled Keywords: ChatBot, Manajemen Stok, Efisiensi, Analisis
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 786 Instruments/Alat-alat Musik > 786.7 Electronic Instrument/Alat Musik Elektronik > 786.76 Computers/Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:39
Last Modified: 27 Aug 2024 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90774

Actions (login required)

View Item View Item