ANALISIS MODIFIKASI POMPA OLI TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN PERFORMA MESIN PADA HONDA GL PII MENGGUNAKAN METODE DESIGN OF EXPERIMENT

AROHMAN, SIGIT (2024) ANALISIS MODIFIKASI POMPA OLI TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN PERFORMA MESIN PADA HONDA GL PII MENGGUNAKAN METODE DESIGN OF EXPERIMENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 02 COVER.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 03 Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB 2)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB 3)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 4)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB 5)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41319310029 - SIGIT AROHMAN - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)

Abstract

Perubahan sistem pendingin menjadi solusi untuk mempercepat pendinginan mesin dan menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin, meski suhu dapat diturunkan signifikan akan tetapi perubahan sistem pendingin juga berpengaruh pada performa dan konsumsi bahan bakar, maka diperlukan penyesuaian pada komponen sistem pendingin agar mesin dapat bekrja lebih optimal salah satunya pada komponen pompa oli untuk mendukung sirkulasi pelumas dan meningkatkan kinerja mesin, tujuan penelitian untuk meningkatkan kinerja dan performa mesin menggunakan metode design of experiment dengan parameter data yaitu daya, torsi, suhu mesin dan konsumsi bahan bakar. Data didapat dari dua kali pengujian dengan dynamometer atau dynotest. Dengan variasi parameter pengukuran suhu mesin diwaktu 5,15 dan 25 menit terjadi kenaikan 1 sampai dengan 13 ºC dan pengujian dynotest dimulai antara rpm 5500 sampai rpm 10.000 mendapat hasil kenaikan daya sebesar 9,8% dan torsi sebesar 5% serta kenaikan konsumsi bahan bakar 10,3%.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41319310029
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendingin, Sistem Pelumas dan Pompa Oli
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 795 Game of Chance/Permainan Untung-untungan > 795.2 Roulette/Rolet, Rollet > 795.27 Slot Machines/Mesin Slot
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:07
Last Modified: 23 Aug 2024 08:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90666

Actions (login required)

View Item View Item