ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF PEMBENTUKAN IDENTITAS TOKOPEDIA PADA ELEMEN JINGLE IKLAN WAKTU INDONESIA BELANJA (WIB) TOKOPEDIA PADA TAHUN 2020

HASAN, MUHAMMAD (2022) ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF PEMBENTUKAN IDENTITAS TOKOPEDIA PADA ELEMEN JINGLE IKLAN WAKTU INDONESIA BELANJA (WIB) TOKOPEDIA PADA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
44317110038-Muhammad Hasan-01 Cover - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (Bab 1)
44317110038-Muhammad Hasan-03 Bab 1 - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (Bab 2)
44317110038-Muhammad Hasan-04 Bab 2 - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (Bab 3)
44317110038-Muhammad Hasan-05 Bab 3 - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (Bab 4)
44317110038-Muhammad Hasan-06 Bab 4 - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (Bab 5)
44317110038-Muhammad Hasan-07 Bab 5 - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44317110038-Muhammad Hasan-09 Daftar Pustaka - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (Lampiran)
44317110038-Muhammad Hasan-10 Lampiran - Hasan Hanafie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine the identity of Tokopedia in the advertising jingle element of the 2020 Tokopedia Waktu Indonesia Belanja. The concept used is the brand element in the advertising jingle including memorability, likeability, meaningfulness, transferability, and protectability as described by Keller. This research uses descriptive qualitative method with constructivism paradigm. Data collection techniques by observation and interviews with the production team. The result of the research is that Tokopedia's identity is formed through the memorability element in the 2020 Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB) advertising jingle by pouring it in the form of mentioning the brand and program name in the verse in the jingle lyrics and the appearance of the logo animation in the jingle video. Meanwhile, on the likability element, the repetition of words in the opening of the jingle lyrics of the Tokopedia WIB program is performed at an upbeat tempo to make it seem fun and attract attention. Furthermore, through the meaningfulness element, the inclusion of Tokopedia's endtone in the form of a sound effect that can be heard at the end of the WIB ad jingle which is the meaning of the brand representation in the advertisement. Then on the transferability element, by making several versions of videos for Youtube and broadcasting via TV, adjusting concepts in video and audio jingles from time to time. This gives the impression that the Tokopedia WIB program has a flexible and updateable nature and is able to blend in with the trends that exist in the community. Finally, on the element of protectability by mentioning the Tokopedia brand in the lyrics and endtones on the closing jingle to create a characteristic and form a brand association so that it can remain unique and easily recognizable in the community and competitors. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas Tokopedia pada elemen jingle iklan Waktu Indonesia Belanja Tokopedia tahun 2020. Konsep yang digunakan adalah elemen brand dalam jingle iklan meliputi memorability, likeability, meaningfulness, transferability dan protectability sebagaimana yang jelaskan oleh Keller. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dengan tim produksi. Hasil penelitian adalah identitas Tokopedia yang dibentuk melalui elemen memorability dalam jingle iklan Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia tahun 2020 adalah dengan menuangkan dalam bentuk penyebutan brand dan nama program pada bait dalam lirik jingle serta penampilan animasi logo dalam video jingle. Sedangkan pada elemen likability, pengulangan kata dalam pembuka lirik jingle program WIB Tokopedia dibawakan dengan tempo yang upbeat agar terkesan seru dan bisa menarik perhatian. Selanjutnya melalui elemen meaningfulness, pencantuman endtone Tokopedia dalam bentuk sound effect yang bisa didengar dalam akhir jingle iklan WIB yang merupakan pemaknaan atas representasi brand pada iklan tersebut. Lalu pada elemen transferability, dengan pembuatan beberapa versi video untuk Youtube dan penyiaran melalui TV penyesuaian konsep dalam video maupun audio jingle dari waktu ke waktu. Hal ini memberikan kesan bahwa program WIB Tokopedia mempunyai sifat yang flexible dan updateable serta mampu berbaur dengan menyesuaikan tren yang ada ditengahtengah masyarakat. Terakhir, pada elemen protectability dengan penyebutan brand Tokopedia dalam lirik dan endtone pada penutup jingle untuk menciptakan ciri khas dan membentuk brand association sehingga bisa tetap unik dan mudah dikenali dalam lingkungan masyarakat maupun kompetitor.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44317110038
Uncontrolled Keywords: elemen, jingle, iklan, Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja advertising, element, jingle, Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:49
Last Modified: 23 Aug 2024 05:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90646

Actions (login required)

View Item View Item