Wijanarko, Muhammad Fuad (2024) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BRIMO DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIASI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
Text (Cover)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 01 Cover - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Download (944kB) |
|
Text (Bab 1)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 03 BAB 1 - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text (Bab 2)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 04 BAB 2 - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text (Bab 3)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 05 BAB 3 - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text (Bab 4)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 06 BAB 4 - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text (Bab 5)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 07 BAB 5 - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 09 Daftar Pustaka - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text (Lampiran)
55121120047-Muhammad Fuad Wijanarko - 10 Lampiran - Muhammad Fuad Wijanarko.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
Abstract
At this time, the world has entered an all-digital and all-sophisticated era so that it is easy to find any information via the internet. In activities in the internet world, one of the things that is done is in the field of digital payments through e-wallets and mobile banking. However, in its implementation, mobile banking user customers are still many who give a negative impression. The decrease of mobile banking users among banking customers is affected by the negative perception. This negative perception is influenced by phishing cases that have been crowded lately. From 2022 to early 2023, Kaspersky has blocked a total of 822,536 financial phishing attacks targeting companies in Southeast Asia (SEA). In addition, in the behavior when using mobile banking influenced by various factors such as the perception of ease of Use and usability perception and perception of security. This study aims to analyze the influence of perceptions of ease of use, usability and security on the intention to use. This type of research is descriptive research. Survey conducted to 100 respondents of mobile banking users with non-probability sampling technique used is purposive sampling. Data processing using SmartPLS 3.0 software to measure research data using Partial Least Square (PLS) method, the results showed that the perception of ease of use, usability perception and perception of security positively and significantly affect the intention to use. Whereas trust has not been shown to mediate the perception of ease of use, the perception of usefulness and security towards the intention of using. Pada saat ini, dunia telah memasuki zaman serba digital dan serba canggih sehingga mudah dalam menemukan informasi apapun melalui internet. Dalam aktivitas di dunia internet, salah satu hal yang dilakukan adalah di bidang pembayaran digital melalui e-wallet maupun mobile banking. Namun dalam implementasinya, nasabah pengguna mobile banking saat ini masih banyak yang memberikan kesan negatif. Berkurangnya pengguna mobile banking di antara para pelanggan perbankan dipengaruhi oleh persepsi negatif tersebut. Persepsi negatif tersebut dipengaruhi oleh kasus phising yang sedang ramai akhir-akhir ini. Pada tahun 2022 hingga pada awal tahun 2023, Kaspersky yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang global cyber security telah memblokir total 822.536 phishing keuangan yang ditargetkan pada perusahaan di Asia Tenggara (SEA). Selain itu, didalam perilaku pada saat menggunakan mobile banking dipengaruhi berbagai faktor seperti faktor persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan dan persepsi keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kegunaan dan keamanan terhadap niat menggunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Survey dilakukan kepada 100 responden pengguna mobile banking dengan Teknik non-probabilitas sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengolahan data menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk mengukur data penelitian dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan persepsi keamanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat menggunakan. Sedangkan kepercayaan tidak terbukti memediasi persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan keamanan terhadap niat menggunakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55121120047 |
Uncontrolled Keywords: | perception of ease of use, perception of usability, perception of security, intention to use Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, persepsi keamanan, Niat menggunakan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | ANISA DESI SAFITRI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:20 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90481 |
Actions (login required)
View Item |