ANALISA VAPOR LOCK PADA SISTEM REM TIPE HIDROLIK PNEUMATIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA PENGEREMAN BUS

AHMAD, AFIF (2015) ANALISA VAPOR LOCK PADA SISTEM REM TIPE HIDROLIK PNEUMATIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA PENGEREMAN BUS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Pada sebuah perusahaan transportasi bus, telah ditemukan masalah vapor lock. Vapor lock adalah suatu gelembung udara yang terjebak di dalam pipa minyak rem dalam sistem pengereman hidrolik pneumatik. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi rem. Sesuai hasil pengujian dilakukan dengan beban pedal yang statis yaitu 10 kgf yang dilakukan pada pipa minyak rem di setiap roda bagian depan dan bagian belakang. Dari pengujian diperoleh data tekanan minyak rem yang berbeda pada setiap pipa minyak rem yang mana nilai rata-rata tekanan minyak rem pada bus pertama ialah 62,22 kg/cm2. Dari hasil nilai rata-rata yang didapat, diperoleh perhitungan gaya cengkram kampas rem sebesar 176,32 kgf. Kemudian pada pengujian bus kedua dengan beban pedal yang sama 62,985 kg/cm2. Dari hasil nilai rata-rata yang didapat, diperoleh perhitungan gaya cengkram kampas rem sebesar 178,49 kgf . kemudian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan perubahan nilai dalam tekanan minyak rem terhadap gaya cengkram kampas rem pada setiap roda menunjukkan bahwa vapor lock atau gelembung udara yang terjebak dalam minyak rem, sangat mempengaruhi terjadinya penurunan gaya cengkram kampas rem, sehingga hal ini yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam sistem pengereman yang menggunakan sistim hidrolik pneumatik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 15 071
NIM/NIDN Creators: 41309010004
Uncontrolled Keywords: Hidrolik pneumatik, Sistem rem, Vapor Lock,
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Jul 2015 13:30
Last Modified: 17 Apr 2024 01:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/8979

Actions (login required)

View Item View Item