UTOMO, PRABOWO HENDRI (2015) ANALISA PRELOAD BEARING RODA DEPAN BUS BESAR TERHADAP UMUR PAKAI BAN DEPAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Kunci dari kestabilan laju kendaraan dan mencegah terjadinya penurunan umur pakai pada komponen-komponen kaki kendaraan adalah perlunya dilakukan perawatan yang benar dan tepat sesuai prosedur yang telah ditentukan. Preload bearing merupakan salah satu faktor yang menentukan umur pakai dari komponen pada kaki kendaraan khususnya bagian ban. Preload bearing adalah beban awal yang sengaja diberikan kepada tapered roller bearing agar roller mendapat beban yang sesuai dengan di-adjust clearance-nya antara inner dan outer race. tujuan preload bearing untuk mengontrol posisi yang tepat dari roller terhadap ring-nya. Metode yang digunakan dalam pengujian preload bearing yaitu metode starting force dengan menggunakan alat ukur preload bearing yaitu push pull scale. pengujian dilakukan di sebuah perusahaan transportasi bus DKI jakarta dengan menggunakan sampling 3 bus besar dan dilakukan pengujian pada masing-masing roda depan. pengujian preload bearing bus besar nomer 22 posisi roda depan sebelah kiri dengan nilai rata-rata pengujian yaitu 57N, memperoleh moment gesek total bearing yang paling tinggi sebesar 94,580 N.m, persentase umur pakai ban terendah sebesar 40%. bus no 24 posisi roda depan sebelah kanan dengan nilai rata-rata pengujian yaitu 51N, memperoleh moment gesek total bearing sebesar 84,624 N.m, persentase umur pakai ban sebesar 52%. bus no 23 posisi roda depan sebelah kiri dengan nilai rata-rata pengujian yaitu 45N, memperoleh moment gesek total bearing yang terendah sebesar 74,668 N.m, persentase umur pakai ban sebesar 64%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN. 15 075 |
NIM/NIDN Creators: | 41311010061 |
Uncontrolled Keywords: | Bearing, Preload, Umur pakai Ban Depan |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 15:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2024 02:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/8937 |
Actions (login required)
View Item |