VEBIYANTO, YOGA (2021) APLIKASI PERMAINAN EDUKASI MENJAGA LINGKUNGAN DAN MELATIH DAYA INGAT “MATLIK” BERBASIS MULTIPLATFORM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (753kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
Abstract
The MATLIK Game application is designed to teach children to the environment and train their memory. Cleanliness is a part of faith. This sentence is known to all people. However, the sentence is just an ordinary sentence because at least one thing that demands cleanliness is environmental cleanliness in children. Lack of education provided to children is one result of littering, even in its place. The impact of this makes children indifferent to the rubbish that exists and does not know how. In fact, education can be given in a way that is liked by children, namely games. Smartphones, especially Android and computers are now attached to children. Then the use of games for educational facilities for children is considered very suitable for use. By making this game can make players understand what has been conveyed to the content in the game. Therefore, game applications are made on Android and computers that are used to introduce maintaining environmental cleanliness. Unity 3D game maker software. This game application was developed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method. MDLC has 6 stages, namely Concept (concept), Design (Material), Material Collecting (material collection), Assembly (manufacture), Testing (testing), and Distribution (distribution). Keyword : MDLC. Education Game, Game, Environment Gane Aplikasi Permainan MATLIK dirancang untuk mengajarkan anak-anak agar menjaga lingkungan dan melatih daya ingat. Kebersihan sebagian dari iman. Kalimat tersebut diketahui oleh semua kalangan. Namun, kalimat tersebut hanya menjadi kalimat biasa karena sedikitnya yang menjaga kebersihan salah satunya kebersihan lingkungan terutama pada anak-anak. Kurangnya edukasi yang diberikan ke anak-anak menjadi salah satu akibat dari buang sampah sembarangan, walau pada tempatnya. Impact yang dari hal tersebut membuat anak-anak menjadi tak acuh terhadap sampah-sampah yang ada dan tak mengetahui bagaimana Padahal, edukasi tersebut dapat diberikan dengan cara yang disukai anak, yaitu game. Smartphone, khususnya android dan komputer saat ini sudah melekat pada anak-anak. maka penggunaan game untuk sarana edukasi untuk anak-anak dinilai sangat cocok untuk digunakan. Dengan pembuatan game ini dapat membuat pemain memahami apa yang telah disampaikan pada konten yang ada pada game. Maka dari itu, dibuatlah aplikasi permainan pada android dan komputer yang digunakan untuk mengenalkan menjaga kebersihan lingkungan. Perangkat lunak pembuat game Unity 3D. Aplikasi permainan ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC memiliki 6 tahapan, yaitu Concept (konsep), Design (Desain), Material Collecting ( pengumpulan materi), Assembly (pembuatan), Testing (pengujian), dan Distribution (distribusi). Kata Kunci : MDLC. Game Edukasi, Game, Game Lingkungan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41817010132 |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.1 System Identification/Identifikasi Sistem 200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 200.1-200.9 Standars Subdivision of Religion/ Subdivisi Standar dari Agama > 200.1 Systems, Value, Scientific Principles, Psychology of Religion/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Prinsip Ilmu Pengetahuan dalam Agama, Psikologi Agama > 200.11 Systems/Sistem-sistem dalam Agama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | FRAYUDA ADRIANSYAH SAID EFFENDI |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:48 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:48 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89267 |
Actions (login required)
View Item |