APLIKASI PEMESANAN LAYANAN TEKNISI PERALATAN ELEKTRONIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: DESA BANARAN, KAB. TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR)

NATALIA, SHARON (2021) APLIKASI PEMESANAN LAYANAN TEKNISI PERALATAN ELEKTRONIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: DESA BANARAN, KAB. TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.docx (33).pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)

Abstract

Residents of Banaran Village, Kauman District, Tulungagung Regency, East Java use electronic equipment on everyday needs. The equipment does not always function properly. When the equipment is damaged, they will try to repair it by calling a technician who can repair it. In the process of finding and ordering technician services, villagers have problems with the lack of information about technicians who can repair damaged electronic equipment, making arrangements for technicians to come to the house is difficult because technicians also have work that must be completed beforehand. In addition, villagers also had problems bringing damaged electronic equipment to the technician's place, the queues were also not well managed, so it took quite a long time to wait for the repair process. With this web-based electronic equipment technician service ordering application, it can help Banaran Villagers in finding and ordering technician services online. This application was built using the PHP programming language, the Scrum development method so that it is flexible to the changes that occur. The development of this application also uses the Google Maps API technology to make it easier to find locations and the Simple Mail Transfer Protocol technology used in sending emails for verification purposes. Key words: application, order, technician, web, Scrum Warga Desa Banaran, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dalam kesehariannya menggunakan peralatan elektronik untuk mempermudah kegiatan. Peralatan tersebut tidak selalu berfungsi dengan baik. Ketika peralatan tersebut mengalami kerusakan, warga akan berusaha memperbaikinya dengan cara memanggil teknisi yang dapat memperbaiki kerusakan tersebut. Dalam proses pencarian dan pemesanan layanan teknisi, warga mengalami kendala yaitu minimnya informasi tentang teknisi yang dapat memperbaiki kerusakan peralatan elektronik, untuk melakukan perjanjian agar teknisi dapat datang ke rumah pun sulit karena teknisi juga memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan sebelumnya. Selain itu, warga juga mengalami kendala jika harus membawa peralatan elektronik yang rusak ke tempat teknisi, antrian pun juga tidak terkelola dengan baik sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu proses perbaikan. Dengan adanya aplikasi pemesanan layanan teknisi peralatan elektronik berbasis web ini dapat membantu warga Desa Banaran dalam mencari dan memesan layanan teknisi secara online. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, metode pengembangan Scrum sehingga fleksibel terhadap perubahan yang terjadi. Pengembangan aplikasi ini juga menggunakan teknologi Google Maps API untuk mempermudah pencarian lokasi dan teknologi Simple Mail Transfer Protocol yang digunakan dalam pengiriman email untuk keperluan verifikasi. Kata kunci: aplikasi, pemesanan, teknisi, web, Scrum

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41817110009
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.752 Blogs/Blog, Web Blog
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 023 Personnel Administration/Personalia Perpustakaan > 023.8 In-Service Training/Pelatihan Layanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: FRAYUDA ADRIANSYAH SAID EFFENDI
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:47
Last Modified: 21 Jun 2024 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89052

Actions (login required)

View Item View Item