Rahman, Muhammad Aulia (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KOPINAKO.ID DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (Cover)
44321110026-muhammad aulia rahman - 01 COVER - Muhammad Aulia Rahman.pdf Download (512kB) |
|
Text (Abstrak)
44321110026-muhammad aulia rahman - 02 ABSTRAK - Muhammad Aulia Rahman.pdf Download (44kB) |
|
Text (Bab 1)
44321110026-muhammad aulia rahman - 03 BAB1 - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
|
Text (Bab 2)
44321110026-muhammad aulia rahman - 04 BAB2 - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text (Bab 3)
44321110026-muhammad aulia rahman - 05 BAB3 - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Text (Bab 4)
44321110026-muhammad aulia rahman - 06 BAB4 - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
Text (Bab 5)
44321110026-muhammad aulia rahman - 07 BAB5 - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
44321110026-muhammad aulia rahman - 08 DAFPUS - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text (Lampiran)
44321110026-muhammad aulia rahman - 09 LAMPIRAN - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Formulir Keabsahan dan Publikasi TA)
44321110026-muhammad aulia rahman - keaslian dan persetujuan publikasi - Muhammad Aulia Rahman.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi Kopi Nako. Media sosial berperan sebagai media promosi suatu product agar semakin dikenal oleh banyak orang, dengan membuat pesan semenarik mungkin untuk mendapat perhatian dari konsumen sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instagram @kopinako.id memiliki kemampuan untuk mentransmisikan berbagai macam petunjuk menjadi sebuah informasi, melaui fitur-fitur Instagram yang dimanfaatkan oleh Instagram @kopinako.id, petunjuk-petunjuk yang ada dapat ditransmisikan menjadi sebuah informasi bagi para pengikut dari Instagram @kopinako.id, baik dalam bentuk visual maupun audioan visual. Sehingga petunjuk-petunjuk yang ada dapat ditransmisikan oleh Instagram @kopinako.id dalam bentuk informasi terkait produknya. Secara tidak langsung penggunaan Instagram @kopinako.id sangatlah tepat bagi para informan sebagai sumber informasi perkopian mereka. Dengan beberapa unggahan yang selalu memberikan ruang diskusi bagi para pengikutnya, sehingga hal ini dapat melengkapi konsep dari komunikasi yaitu adanya interaksi dua arah, pada Instagram @kopinako.id, interkasi dua arah ini berlangsung antara Instagram @kopinako.id dengan para pengikutnya. Instagram @kopinako.id dapat menempatkan gaya bahasa yang tepat di setiap fiturfitur yang digunakan, misalnya di fitur feeds walaupun gaya bahasa yang digunakan sederhana dan dikemas secara singkat namun Instagram @kopinako.id tetap menjadikan sebuah informasi dapat diterima secara jelas oleh para pengikutnya, sedangkan pada fitur Reels Instagram @kopinako.id tetap menggunakan gaya bahasa yang sederhana, namun lebih cara penyampaian informasi oleh Instagram @kopinako.id lebih mendalam serta detail dalam menyampaikan sebuah informasi. Dengan hasil penelitian yang peneliti dapatkan usai melakukan wawancara dengan para informan kemudian melihat hal tersebut dari sudut pandang Media Richness Theory mengenai empat faktor utama yang menjadi tolak ukur dalam menentukan kekayaan sebuah media, Instagram @kopinako.id berhasil memenuhi empat faktor yang menjadi tolak ukur tersebut. This research aims to determine the use of Instagram social media as a promotional medium for Kopi Nako. Social media acts as a promotional medium for a product to make it more known to many people, by making the message as attractive as possible to get the attention of consumers so that it can increase sales results. This research uses descriptive research methods with a qualitative approach. Instagram @kopinako.id has the ability to transmit various kinds of instructions into information, through the Instagram features utilized by Instagram @kopinako.id, existing instructions can be transmitted into information for followers of Instagram @kopinako.id, both in visual and audiovisual form. So that existing instructions can be transmitted by Instagram @kopinako.id in the form of information related to the product. Indirectly, the use of Instagram @kopinako.id is very appropriate for informants as a source of information about their coffee. With several uploads that always provide discussion space for followers, this can complement the concept of communication, namely two-way interaction, on Instagram @kopinako.id, this twoway interaction takes place between Instagram @kopinako.id and its followers. Instagram @kopinako.id can put the right language style in every feature used, for example in the feeds feature, even though the language style used is simple and packaged briefly, Instagram @kopinako.id still makes information clearly acceptable to its followers. , while the Instagram @kopinako.id Reels feature still uses a simple language style, but the way of conveying information by Instagram @kopinako.id is more in-depth and detailed in conveying football information. With the research results that researchers obtained after conducting interviews with informants and then looking at this from the perspective of Media Richness Theory regarding the four main factors that are benchmarks in determining the richness of a media, Instagram @kopinako.id succeeded in fulfilling the four factors that are benchmarks.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44321110026 |
Uncontrolled Keywords: | Penjualan, Instagram, Media Sosial Sales, Instagram, Social Media |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:05 |
Last Modified: | 20 May 2024 04:05 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88751 |
Actions (login required)
View Item |