ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL BOEING 737 800 TERHADAP KOEFISIEN LIFT DAN KOEFISIEN DRAG MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

MARBUN, ARBOTOMO M. RAFAEL (2017) ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL BOEING 737 800 TERHADAP KOEFISIEN LIFT DAN KOEFISIEN DRAG MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pada umumnya pesawat penumpang didesain untuk terbang pada kecepatan subsonik dan beroperasi pada sudut serang rendah hingga moderat. Sayap merupakan komponen utama pesawat sebagai penghasil gaya angkat untuk mengatasi beban pesawat. Selain itu, konfigurasi sayap pesawat berpengaruh pada prestasi terbang termasuk jarak dan lama terbang. Penelitian mengenai airfoil merupakan suatu perkembangan terknologi yang masih akan berlanjut. Hasil dari berbagai penelitian telah banyak digunakan dalam membuat desain airfoil dalam berbagai konfigurasi sayap pesawat sesuai dengan penggunaannya. Pada penelitian ini, variasi bilangan Mach pada setiap kenaikan sudut serang akan dikaji pengaruhnya terhadap koefisien lift dan koefisien drag. Untuk memprediksi karakteristik aerodinamika sayap tersebut, dilakukan pendekatan komputasi metode Computational Fluid Dynamics menggunakan software ANSYS Fluent. Data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan bilangan Mach dan sudut serang akan diikuti dengan meningkatnya koefisien lift dan koefisien drag. Koefisien lift tertinggi dihasilkan pada sudut serang 200 dengan kecepatan aliran udara 1 Mach yaitu sebesar 5,41837. Visualisasi aliran juga menunjukkan bahwa semakin besar sudut serang maka intensitas turbulen pada airfoil juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 17 079
NIM/NIDN Creators: 41315120091
Uncontrolled Keywords: Airfoil, sudut serang, bilangan Mach, koefisien lift, koefisien drag, Computational Fluid Dynamics
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:20
Last Modified: 02 Apr 2024 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87851

Actions (login required)

View Item View Item