MARBUN, ARBOTOMO M. RAFAEL (2017) ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL BOEING 737 800 TERHADAP KOEFISIEN LIFT DAN KOEFISIEN DRAG MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (948kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
Abstract
Pada umumnya pesawat penumpang didesain untuk terbang pada kecepatan subsonik dan beroperasi pada sudut serang rendah hingga moderat. Sayap merupakan komponen utama pesawat sebagai penghasil gaya angkat untuk mengatasi beban pesawat. Selain itu, konfigurasi sayap pesawat berpengaruh pada prestasi terbang termasuk jarak dan lama terbang. Penelitian mengenai airfoil merupakan suatu perkembangan terknologi yang masih akan berlanjut. Hasil dari berbagai penelitian telah banyak digunakan dalam membuat desain airfoil dalam berbagai konfigurasi sayap pesawat sesuai dengan penggunaannya. Pada penelitian ini, variasi bilangan Mach pada setiap kenaikan sudut serang akan dikaji pengaruhnya terhadap koefisien lift dan koefisien drag. Untuk memprediksi karakteristik aerodinamika sayap tersebut, dilakukan pendekatan komputasi metode Computational Fluid Dynamics menggunakan software ANSYS Fluent. Data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan bilangan Mach dan sudut serang akan diikuti dengan meningkatnya koefisien lift dan koefisien drag. Koefisien lift tertinggi dihasilkan pada sudut serang 200 dengan kecepatan aliran udara 1 Mach yaitu sebesar 5,41837. Visualisasi aliran juga menunjukkan bahwa semakin besar sudut serang maka intensitas turbulen pada airfoil juga akan meningkat.
Actions (login required)
View Item |