ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN OPTIMALISASI JUMLAH TELLER PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP JAKARTA GEDUNG ELNUSA CILANDAK JAKARTA SELATAN

PUSPITA, DWI (2017) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN OPTIMALISASI JUMLAH TELLER PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP JAKARTA GEDUNG ELNUSA CILANDAK JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi Cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Isi Abstract.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi optimalisasi pelayanan teller pada PT Bank Mandiri KCP Jakarta Gedung Elnusa dengan pendekatan queuing theory dalam rangka meningkatkan kecepatan pelayanan dan meminimalisasi antrian. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang datang dan masuk dalam sistem antrian pada PT Bank Mandiri KCP Jakarta Gedung Elnusa dan pemberi layanan (teller). Sampel dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang datang mengantri atau masuk dalam sistem antrian pada periode penelitian selama 5 hari kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah secara observasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Goodness of Fit untuk mengetahui apakah jumlah kedatangan pelanggan berdistribusi Poisson dan jumlah pelayanan nasabah berdistribusi Exponential. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kedatangan nasabah mengikuti pola distribusi Poisson. Pola pelayanan nasabah mengikuti distribusi Exponential. Dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan tambahan 1 orang teller untuk mendapatkan waktu yang optimal sesuai harapan nasabah.The purpose of this study is to evaluate the optimization of Teller’s service at PT Bank Mandiri KCP Jakarta Gedung Elnusa with queuing theory approach in order to improve service quality and to minimize queuing length. The population of this study are the customers who come and go in the queuing system at PT Bank Mandiri KCP Jakarta Gedung Elnusa’s and the service provider (Teller). The sample of this study is all the customers that enter into queuing system during research period within 5 business days. Data collection method that used is observation with quantitative descriptive approach. The method for data analysis is performed by using Goodness of Fit test to find out whether the number of customers arrival are Poisson distributed and the number of services are Exponential distributed The result shows that the customers arrival patterns are following Poisson’s distribution pattern. The services pattern are following Exponential distribution pattern. The calculation that performed are using 1 Teller addition in order to achieve the optimal time that meets customer’s expectation.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 17 408
NIM/NIDN Creators: 43114120285
Uncontrolled Keywords: antrian, optimalisasi, pelayanan, service teller, PT Bank Mandiri KCP Jakarta Gedung Elnusa
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:45
Last Modified: 06 Mar 2024 08:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86877

Actions (login required)

View Item View Item