LINE BALANCING AGGREGATE LINE DI PT. MERCEDES-BENZ INDONESIA DIVISI ASSEMBLY COMMERCIAL VEHICLE DEPARTMENT TIPE OH-1526

DWITYA, BAGASKARA (2017) LINE BALANCING AGGREGATE LINE DI PT. MERCEDES-BENZ INDONESIA DIVISI ASSEMBLY COMMERCIAL VEHICLE DEPARTMENT TIPE OH-1526. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
1. COVER - LEMBAR PERNYATAAN - DAFTAR ISI, SKRIPSI.pdf

Download (270kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI - TA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Pembagian bobot kerja harus merata terhadap setiap stasiun kerja sehingga akan meningkatkan efisiensi lintasan, serta upaya peningkatan kapasitas produksi harus dilakukan jika memang waktu memungkinkan atau masih banyaknya jumlah idle time. Untuk mengetahui efisiensi lintasan yang optimal dalam rangka improvement ke depan maka dilakukannya analisa keseimbangan lintasan yang dapat dilakukan dengan metode analisa line balancing heuristic, yang meliputi metode Ranked Positional Weight (RPW), Largest Candidate Rule (LCR), dan Region Approach (RA). Hasil membuktikan bahwa metode Largest Candidate Rule pada kasus ini berdasarkan percobaan yang telah dilakukan memiliki efisiensi lintasan paling baik yaitu 96,03%, balance delay sebesar 5,59%, dan idle time sebesar 31,30 menit. Perbaikan tata letak stasiun kerja pada Aggregate line Station Department sebaiknya dilakukan agar mempersingkat jarak material handling, terutama bagi seluruh engine stations dengan Gear Box station.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 087
NIM/NIDN Creators: 41613010038
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, improvement, Metode RPW, LCR, RA, idle time.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:31
Last Modified: 06 Mar 2024 08:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86873

Actions (login required)

View Item View Item