SAPUTRA, ARI WIBOWO (2017) ANALISA KESEIMBANGAN LINTASAN ASSY UNIT LINE B DENGAN MENGGUNAKAN RPW (RANGKED POSITIONAL WEIGHT) DAN YAMAZUMI CHART GUNA MENGOPTIMALKAN LINTASAN KERJA DI SEBUAH INDUSTRI OTOMOTIF SUNTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
1 HAL COVER.pdf Download (284kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text (BAB I)
3 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text (BAB II)
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text (BAB III)
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
7 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text (BAB VI)
8 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
9 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Industri otomotif sunter merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah adanya ketidakseimbangan di lintasan produksi akibat ketidakmerataan pembagian beban kerja di setiap stasiun kerja. Hal ini menyebabkan nilai performansi keseimbangan lintasan menjadi kurang baik. Untuk menyelesaikan permasalahan ini perlu dilakukan penyeimbangan lintasan produksi. Hal ini dapat dilakukan dengan metode line balancing yaitu dengan penugasan sejumlah pekerjaan yang saling berkaitan dalam satu lintasan produksi sehingga setiap stasiun kerja memiliki waktu yang tidak melebihi waktu siklus dari stasiun kerja tersebut. Metode yang digunakan adalah RPW (Rangked Positional Weight) dan evaluasi dengan yamazumi chart. Dari metode yang digunbakan sebagai solusi penyeimbangan lintasan tersebut, terjadi perbaikan performansi nilai pada lintasan produksi. Nilai efisiensi lintasan (line efficiency) meningkat menjadi 67% dari 52% pada kondisi aktual. Nilai keseimbangan waktu senggang (balance delay) turun menjadi 33% dari 48% pada kondisi awal. Dan jumlah stasiun kerja berkurang menjadi 50 stasiun kerja dari 64 stasiun kerja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 17 084 |
NIM/NIDN Creators: | 41612110107 |
Uncontrolled Keywords: | line balancing, RPW, yamazumi, dan performasi lintasan |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | SHAFAUSSARIRAH |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 07:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 07:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86868 |
Actions (login required)
View Item |