USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES PEMELIHARAN KENDARAAN MELALUI PENDEKATAN LEAN PRODUCTION PROCESS (STUDI KASUS DI PT. AUTO2000 Cabang CILANDAK)

RAMDHANI, SATIA GUMILAR (2017) USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES PEMELIHARAN KENDARAAN MELALUI PENDEKATAN LEAN PRODUCTION PROCESS (STUDI KASUS DI PT. AUTO2000 Cabang CILANDAK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - ANALISA HASIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

AUTO2000 merupakan perusahaan penyedia jasa pemeliharaan kendaraan Toyota berusahaa untuk selalu meningkatkan keunggulan layanan dengan tepat dan cepat dimana hal tersebut diharapkan dapat mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pada kenyataanya hal tersebut masih belum dapat memenuhi target yang telah ditentukan. Waktu proses pemeliharaan kendaraan Toyota masih melebihi target yang telah ditentukan perusahaan dalam bentuk KPI. Lean Process merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meminimasi pemborosan yang terjadi pada aliran proses. Pemahaman kondisi dari proses digambarkan dalam Value Stream Mapping untuk selanjutnya dilakukan pembobotan untuk mengetahui waste yang dominan. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa melalui Value stream mapping diketahui tahapan proses service merupakan faktor dominan penyebab lamanya waktu proses pemeliharaan kendaraan. Pembobotan dan pemeringkatan aktivitas pemeliharaan kendaraan yang menyebabkan waktu proses perawatan tinggi diperoleh bahwa proses service menduduki urutan teratas dengan nilai akumulasi sebesar 31%. Dari hasil Root Cause Analysis diketahui bahwa akar penyebab dari lamanya proses service yaitu tranining skill yang belum merata, belum ada konsistensi pelaksanaan urutan kerja sesuai SOP, SST belum memenuhi kebutuhan stall produksi, belum ada penempatan lokasi alat yang jelas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 061
NIM/NIDN Creators: 41613110008
Uncontrolled Keywords: lean, production process, waste, RCA
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 05 Mar 2024 09:01
Last Modified: 05 Mar 2024 09:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86806

Actions (login required)

View Item View Item