PENGARUH BEBAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN WORK-LIFE BALANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA FUNGSI SHARED SERVICES PT PERTAMINA (PERSERO)

FAHMI, IRFAN (2024) PENGARUH BEBAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN WORK-LIFE BALANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA FUNGSI SHARED SERVICES PT PERTAMINA (PERSERO). S2 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
55121120097-Irfan Fahmi-01 Cover - Irfan Fahmi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
55121120097-Irfan Fahmi-02 Abstrak - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1)
55121120097-Irfan Fahmi-03 Bab 1 - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2)
55121120097-Irfan Fahmi-04 Bab 2 - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB 3)
55121120097-Irfan Fahmi-05 Bab 3 - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB 4)
55121120097-Irfan Fahmi-06 Bab 4 - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB 5)
55121120097-Irfan Fahmi-07 Bab 5 - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55121120097-Irfan Fahmi-08 Daftar Pustaka - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55121120097-Irfan Fahmi-09 Lampiran - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
55121120097-Irfan Fahmi-11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Irfan Fahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

The purpose of this study is to ascertain how work-life balance functions as a mediating variable in the Shared Services Function of PT Pertamina (Persero) and how workload and sense of organisational support affect job satisfaction. Because the author's research approach is based on tangible, objective, quantifiable, logical, and methodical facts, it is quantitative in nature. The study's sample is referred to as a saturated sample, or full population, because it includes samples from every permanent employee of PT Pertamina (Persero) as well as from the entire population of the Shared Services Function. In total, 321 people make up the full population sample. The present work used Structural Equation Modelling (SEM) for data analysis, which is a technique used to address the shortcomings of the regression method. This study's analysis approach, which processes the data using the Partial Least Square (PLS) software programme, uses Variant Based Structural Equation Modelling to test the hypothesis and create a workable model. The findings demonstrated that job satisfaction in the SS Function of PT Pertamina (Persero) was adversely and considerably impacted by workload. Employee views of organisational support have a favourable and significant impact on job satisfaction with SS Function PT Pertamina (Persero). Work-Life Balance in SS PT Function Pertamina (Persero) is negatively and severely impacted by workload. Work-life balance is positively and significantly impacted by the sense of organisational support, according to PT. Pertamina's (Persero) SS function. The relationship between work-life balance and job satisfaction in SS Function PT Pertamina (Persero) is both positive and marginal. Work-life balance allows the workload at PT Pertamina (Persero), an SS function, to indirectly affect employee satisfaction. Through work-life balance, the SS function PT Pertamina (Persero) perceives that organisational support has an indirect impact on satisfaction. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan persepsi dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja dengan work-life balance sebagai variabel mediasi pada Fungsi Shared Services PT Pertamina (Persero). Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif karena didasarkan pada data yang konkrit, obyektif, terukur, rasional dan sistematis. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau populasi penuh, yaitu seluruh populasi Fungsi Shared Services PT Pertamina (Persero) dijadikan sampel, kemudian sampel diambil dari seluruh karyawan tetap perusahaan, dengan jumlah populasi sebanyak 321 orang yang akan dijadikan sampel populasi penuh. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang merupakan salah satu metode yang saat ini digunakan untuk menutup kelemahan yang ada pada metode regresi. Untuk menguji hipotesis dan menghasilkan suatu model yang layak, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Varian Based Structural Equation Modelling dimana dalam pengolahan datanya menggunakan program software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan Beban kerja mempengaruhi secara negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja dalam Fungsi SS PT Pertamina (Persero). Kepuasan Kerja terhadap Fungsi SS PT Pertamina (Persero) dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi. Beban kerja mempengaruhi Work-Life Balance pada Fungsi SS PT Pertamina (Persero) secara negatif dan signifikan. Pada Fungsi SS PT Pertamina (Persero) Persepsi terhadap dukungan organisasi memiliki dampak yang menguntungkan dan signifikan terhadap work-life balance. Kepuasan Kerja dalam Fungsi SS PT Pertamina (Persero) dipengaruhi secara positif dan tidak signifikan oleh work-life balance. Dalam Fungsi SS PT Pertamina (Persero) beban kerja berdampak tidak langsung terhadap kepuasan melalui Work-life Balance. Dalam Fungsi SS PT Pertamina (Persero) persepsi dukungan organisasi memiliki dampak tidak langsung terhadap kepuasan melalui work-life balance

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55121120097
Uncontrolled Keywords: Job satisfaction, work-life balance, workload, and perceptions of organisational support Beban Kerja, Persepsi Dukungan Organisasi, Work-Life Balance, Kepuasan Kerja
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:36
Last Modified: 29 Feb 2024 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86603

Actions (login required)

View Item View Item