PENDAPAT KONSUMEN AKTIF PADA KONTEN PROMOSI ERIGO DI AKUN TIKTOK ERIGO OFFICIAL OLEH JKT 48 TAHUN 2023

AKBAR, ALI (2024) PENDAPAT KONSUMEN AKTIF PADA KONTEN PROMOSI ERIGO DI AKUN TIKTOK ERIGO OFFICIAL OLEH JKT 48 TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover - aliakbar lubis.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak - aliakbar lubis.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB2)
Bab 2 - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3 - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4 - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5 - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (LEMBAR KEABSAHAN)
FORMULIR PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI - aliakbar lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Industri Pakaian saat ini di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 7,02 % menurut Badan pusat Statistik (BPS) yang dimana brand-brand lokal mulai eksis dan akan terus mengalami kenaikan sampai ditahun 2027. Salah satu Brand lokal yang saat ini sangat familiar dengan masyarakat adalah Erigo. Tiktok menjadi salah satu media yang digunakan oleh Erigo untuk mempromosikan produknya. Konten video promosi Erigo di Tiktok yang di bintangi oleh JKT 48 dengan tema series emoji telah menarik perhatian para pengguna Tiktok. Konten video promosi ini memiliki pendapat pendapat yang berbeda-beda di setiap konsumen. Faktor latar belakang dan kemampuan konsumen aktif dalam memaknai isi pesan menjadi faktor utama terjadinya perbedaan pendapat pendapat tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat konsumen aktif terhadap konten promosi official Erigo di platform Tiktok oleh personil JKT 48 dalam series emoji. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode analisis resepsi oleh Stuart Hall. Teori yang digunakan dalam peneitian ini adalah teori Encoding-Decoding dengan memposisikan khalayak berdasarkan 3 jenis posisi yaitu posisi hegemoni, negosiasi dan oposisi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui metode Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam informan berada pada posisi yang berbeda-beda. Keenam informan memiliki pendapat pendapat yang berbeda-beda di setiap aspek dalam video promosi Erigo oleh JKT 48 series emoji di Tiktok. Kesimpulan setiap informan memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga menghasilkan pendapat yang berbeda. The clothing industry in Indonesia is currently experiencing a growth of 7.02% according to the Central Statistics Agency (BPS), where local brands are starting to exist and will continue to increase until 2027. One of the local brands that is currently very familiar with the community is Erigo. Tiktok is one of the media used by Erigo to promote its products. Erigo's promotional video content on Tiktok starring JKT 48 with the theme of the emoji series has attracted the attention of Tiktok users. This promotional video content has different meanings of opinion for each consumer. Background factors and the ability of active consumers to interpret message content are the main factors in the differences in the interpretation of these opinions. This research uses the constructivism paradigm with a descriptive qualitative approach and uses the reception analysis method by Stuart Hall. The theory used in this research is Encoding-Decoding theory by positioning audiences based on 3 types of positions namely hegemony, negotiation and opposition positions. Data collection is done through in-depth interviews and data validity checking techniques through the Triangulation method. The results showed that the six informants were in different positions. The six informants have different opinions in every aspect of the Erigo promotional video by JKT 48 series emoji on Tiktok. The conclusion of each informant has a different background so as to produce different opinions.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44318110016
Uncontrolled Keywords: pendapat, konsumen aktif, konten promosi, merek pakaian, Erigo opinion, active consumer, promotional content, clothing brand, Erigo
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:39
Last Modified: 27 Feb 2024 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86594

Actions (login required)

View Item View Item