PERANCANGAN KARTU PERMAINAN ABC LIMA DASAR BERTEMA NOSTALGIA

RAHARJA, MALIK GIESTA (2024) PERANCANGAN KARTU PERMAINAN ABC LIMA DASAR BERTEMA NOSTALGIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (372kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Too many types of board games and card games that exist sometimes make it difficult for adult players who are unfamiliar so they are reluctant to try these conventional games. So the author wants to design a game that is easy to play and also known then the theme of nostalgia is chosen and the ABC Lima Dasar game is considered appropriate because the game was often played as a child but to reminisce not only doing activities that were once done because there is boredom from the old game so it needs to be refreshed in terms of how to play one of which is the addition of a card apparatus as a game media that used to only use hands so that there is renewal in the old game which makes curiosity arise and the loss of boredom from the old way of playing. This method is often done in video game entertainment media which often raises old game titles made new in terms of how to play and also graphics by following existing technology so that it will attract old players who used to play the video game to try again and reminisce when playing it, not only for old players but also good for new players who want to feel a game that has a big name and feel one of the masterpieces that have been made. The method used is to approach the ABC Lima Dasar card game into retro elements and Maria B Garda (2013) distinguishes two types of nostalgia in retro game design, namely restorative and reflective. And also the reason why ABC Lima Dasar is appropriate to be refreshed at this time because this game was popular in the late 1980s and early 2000s and for players who were 10 years old at the time it is likely to experience a reminiscence bump because according to Steve M. J. Janssen at the age of 10 years is the period in which individuals produce the most memories during the task of remembering. this is a great asset for creating nostalgic moments for players who are now 25-30 years old from the popularity of the ABC Five basic game to play the game again. Keywords: ABC Lima Dasar, card game, retro, nostalgia Terlalu banyak jenis boardgame dan card game yang ada kadang menyulitkan pemain dewasa yang awam sehingga mereka enggan untuk mencoba permainan konvensional tersebut. Jadi penulis ingin merancang sebuah permainan yang mudah untuk dimainkan dan juga dikenal lalu dipilihlah tema nostalgia dan permainan ABC Lima Dasar dianggap tepat karena permainan tersebut dulu sering dimainkan waktu kecil tetapi untuk bernostalgia tidak hanya melakukan kegiatan yang dulu pernah dilakukan karna ada kejenuhan dari permainan yang dulu sehingga butuh dilakukan penyegaran dalam sisi cara bermain salah satunya adalah penambahan apparatus kartu sebagai media permainan yang dulu hanya menggunakan tangan sehingga terjadinya pembaharuan dalam permainan lama tersebut yang membuat timbulnya rasa penasaran dan hilangnya rasa jenuh dari cara bermain yang dulu. Cara seperti ini sering dilakukan di media hiburan video game yang sering mengangkat judul-judul permainan lama dibuat baru dari sisi cara bermain dan juga grafik dengan mengikuti teknologi yang ada dengan begitu akan menarik para pemain lama yang dulu pernah memainkan video game tersebut untuk mencoba lagi dan bernostalgia saat memainkannya, bukan hanya untuk pemain lama tetapi juga baik untuk pemain baru yang ingin merasakan permainan yang mempunyai nama besar dan merasakan salah satu masterpiece yang telah dibuat. Metode yang dipakai adalah membuat pendekatan permainan kartu ABC Lima Dasar kedalam elemen retro dan Maria B Garda (2013) membedakan dua jenis nostalgia dalam desain game retro yaitu restoratif dan reflektif. Dan juga Alasan kenapa ABC 5 dasar menjadi tepat untuk dilakukan penyegaran Kembali saat ini karena permainan ini popular ditahun 1980an akhir dan 2000an awal dan untuk pemain yang berumur 10 tahun pada saat itu kemungkinan besar akan mengalami reminiscence bump karena menurut Steve M. J. Janssen di usia 10 tahun merupakan periode di mana individu menghasilkan kenangan terbanyak selama tugas mengingat. hal tersebut adalah modal besar terciptanya momen nostalgia untuk pemain yang sekarang berumur 25-30 tahun dari kepopulerannya permainan ABC Lima dasar agar memainkan Kembali permainan tersebut. Kata kunci : ABC Lima Dasar, permainan kartu, retro, nostalgia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 24 009
Call Number: SDSK/19/24/008
NIM/NIDN Creators: 41918110019
Uncontrolled Keywords: ABC Lima Dasar, permainan kartu, retro, nostalgia
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.7 Perceptual Process/Proses Persepsi > 153.73 Basic Elements/Elemen Dasar
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 795 Game of Chance/Permainan Untung-untungan > 795.4 Card Games/Permainan Kartu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:27
Last Modified: 24 Feb 2024 00:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86318

Actions (login required)

View Item View Item