PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGARUH SOSIAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP NIAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN KPR PADA BANK MUAMALAT INDONESIA

NURAINI, DESY (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGARUH SOSIAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP NIAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN KPR PADA BANK MUAMALAT INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Bank Muamalat is one of the sharia Home Ownership Credit (KPR) distributors and a company engaged in banking with a work unit as the first commercial bank in Indonesia to apply Islamic sharia principles in carrying out its operations. The purpose of this study is to test and analyze the influence of religiosity, social influence and product knowledge on the intention of the millennial generation to use Home Ownership Credit (KPR) financing products at Bank Muamalat Indonesia. The subject of this study was the Muslim Millennial Generation in Indonesia with a sample of 210 respondents. The sampling technique in this study uses Non-Probability Sampling Technique using purposive sampling method. By using a quantitative approach. Analysis of used data (PLS-SEM) with the Smart-PLS 3.2.9 analysis tool. The results showed that religiosity has a positive and significant influence on the intention to use, social influence has a positive and significant influence on the intention to use, and product knowledge has a positive and significant influence on the intention of the millennial generation to use Home Ownership Credit (KPR) financing products at Bank Muamalat Indonesia. Keywords: Religiosity, Social Influence, Product Knowledge, Intention To Use, Millennial Generation, Home Ownership Credit, Bank Muamalat Indonesia Bank Muamalat merupakan salah satu penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah dan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dengan unit kerja sebagai bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah islam dalam menjalankan operasionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, pengaruh sosial dan pengetahuan produk terhadap niat generasi milenial menggunakan produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Muamalat Indonesia. Subjek penelitian ini adalah Generasi Milenial Muslim di Indonesia dengan jumlah sampel 210 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Non-Probability Sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan (PLS-SEM) dengan alat analisis Smart-PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan, pengaruh sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan, dan pengetahuan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat generasi milenial menggunakan produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Muamalat Indonesia. Kata kunci: Religiusitas, Pengaruh Sosial, Pengetahuan Produk, Niat Menggunakan, Generasi Milenial, Kredit Pemilikan Rumah, Bank Muamalat Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 027
Call Number: SE/31/24/018
NIM/NIDN Creators: 43119010142
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Pengaruh Sosial, Pengetahuan Produk, Niat Menggunakan, Generasi Milenial, Kredit Pemilikan Rumah, Bank Muamalat Indonesia
Subjects: 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat
200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat > 297.433 Lease, Borrow-borrow, Labor, Bank, Usury, Insurance/Sewa-menyewa; Pinjam-meminjam; Perburuhan; Bank; Riba; Asuransi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:53
Last Modified: 06 Feb 2024 01:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85865

Actions (login required)

View Item View Item