FERDIANSYAH, ALDI (2021) ANALISIS PEMASARAN USAHA PABRIK TAHU BAPAK ADE DI KABUPATEN BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text
Laporan Tugas Akhir ALDI FERDIANSYAH 41617210033.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pabrik Tahu Bapak Ade merupakan industri rumahan yang memproduksi tahu jenis tahu putih dan tahu segitiga/bakso. Selama bulan Desember 2020 hingga Februari 2021 produksi tahu mengalami penurunan sebesar 34 %. Penurunan produksi ini diakibatkan oleh penjualan tahu yang menurun di pasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui posisi usaha Pabrik Tahu Bapak Ade serta merumuskan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan di Pabrik Tahu Bapak Ade. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat) dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil dari analisis dengan Matriks IFE, EFE, dan IE menunjukkan bahwa posisi usaha Pabrik Tahu Bapak Ade berada di kuadran pada sel I yang di sebut sebagai strategi growth and build (Kembang dan Membangun) dengan skor 3,167 dan 3,096. Hasil analisis SWOT menunjukkan terdapat 8 alternatif strategi dan dari hasil analisis QSPM menunjukkan hasil skor 6,363 yang berarti bahwa Pabrik Tahu Bapak Ade harus memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran serta membuat produk packaging untuk sistem penjualan online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41617210033 |
Uncontrolled Keywords: | Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT, QSPM, Pabrik Tahu. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 06 Jan 2024 04:35 |
Last Modified: | 06 Jan 2024 04:35 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85177 |
Actions (login required)
View Item |