SETIANTO, IRVAN YURI (2017) ANALISIS PEMOTONGAN RODA GILA (FLY WHEEL) PADA PROSES PEMESINAN CNC BUBUT VERTIKAL 2 AXIS MENGGUNAKAN METODE PEMESINAN KERING (DRY MACHINING). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1) Hal Cover.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2) Abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3) Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (BAB II)
4) Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
Text (BAB III)
5) Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
||
Text (BAB IV)
6) Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text (BAB V)
7) Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8) Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang manufaktur, proses pemesinan manual sudah mulai tergantikan oleh proses pemesinan otomatis. Pemesinan otomatis lebih banyak digunakan oleh industri-industri skala besar yang menuntut kecepatan produksi dan kepresisian hasil produksi. Salah satu alat pemesinan otomatis yang sering digunakan di berbagai industri adalah mesin CNC (Computer Numerical Control). Salah satu komponen otomotif yang diproduksi secara masal adalah roda gila (fly wheel) dengan menggunakan material grey cast iron dan mesin yang digunakan adalah cnc bubut vertikal 2 axis. Pada proses pemesinan ini menggunakan metode pemesinan kering (dry machining) yaitu tidak menggunakan cairan pendingin, hanya menggunakan hembusan angina untuk mendinginkan area potong dan menghilangkan geram (chip) yang menempel pada benda kerja atau mata pahat. Yang mempengaruhi baik dan tidaknya hasil dari proses machining cnc bubut adalah kecepatan putar (spindle), gerak pemakanan (feed rate), kedalaman potong (depth of cut) dan mata pahat yang digunakan. Dalam penelitian ini akan menggunakan farasi kecepatan putar mesin (220-280 rpm), gerak pemakanan (0.3-0.5 mm/rev) dan kedalam potong (0.8-1.2 mm) sertaa menggunakan mata pahat karbida dengan coating TiCN. Dari hasil penelitian didapatkan nilai kekasaran permukaan yang terbaik sebesar 17.92 µm yaitu pada kecepatan putaran mesin 280 rpm dan pada kecepatan pemakanan 0.3 mm/rev. Sedangkan untuk hasil kekasaran permukaan yang tertinggi sebesar 22.60 µm yaitu pada kecepatan putaran mesin 220 rpm dan kecepatan pemakanan 0.5 mm/rev. Hasil pemotongan yang terbaik dan masih memenuhi toleransi yaitu pada pemotongan kedua dengan hasil diameter 370.112 mm, dengan kekasaran permukaan 17.92 µm dan waktu yang dibutuhkan 32.76 detik. Kata kunci: fly wheel, pemesinan kering, pahat karbida, kekasaran permukaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN. 17 112 |
NIM/NIDN Creators: | 41312120037 |
Uncontrolled Keywords: | fly wheel, pemesinan kering, pahat karbida, kekasaran permukaan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | ADELINA HASNA SETIAWATI |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 08:01 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 08:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84841 |
Actions (login required)
View Item |