ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN PANJANG PITCH TURBIN HYDROCOIL TERHADAP PERFORMASINYA MENGGUNAKAN METODE CFD

JUMPA, JUMPA (2017) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN PANJANG PITCH TURBIN HYDROCOIL TERHADAP PERFORMASINYA MENGGUNAKAN METODE CFD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal cover-lampiran.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Energi baru dan terbarukan merupakan salah satu solusinya untuk menghemat BBM dan batu bara. Seperti energi surya, energi angin, energi biomasa dan energi air. Energi air adalah energi terbarukan yang dapat dikembangkan pemanfaatanya. Potensi energi air yang besar dan pemanfaatanya masih belum maksimal, sudah selayaknya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik. Daerah pegunungan memiliki potensi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) lebih baik karena sebagian daerah pegunungan terdapat sumber mata air yang mengalir melalui sungaisungai sepanjang tahun. Prinsip dasar mikro hidro adalah memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik. Sebuah skema mikro hidro memerlukan dua hal yaitu, debit air dan ketinggian jatuh (head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan. Turbin yang digunakan dalam sistem PLTMH tersebut adalah Turbin Hydrocoil, turbin ulir yang memiliki panjang pitch semakin mengecil searah aliran air yang melaluinya. Penelitaian ini difokuskan pada desain Turbin Hydrocoil serta analisis performasi Turbin Hydrocoil dengan variasi perubahan panjang pitch serta menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian ini diawali dengan mendesain Turbin Hydrocoil yang meliputi 3 variasi, kemudian desain tersebut disimulasikan mengggunakan Software ANSYS CFX 15.0. Hasil simulasi tersebut untuk mengetahui performasi turbin berupa torsi, daya dan efisiensi. Pipa Penstock yang mempunyai diameter dalam 0,12 m panjang total pipa 4,219 m, debit optimum sebesar 0,032 m3 /s, laju aliran masa sebesar 32 kg/s, daya optimum sebesar 1.324,09 W dan tekanan total masuk pipa sebesar 24. 930,112 Pa. Variasi Turbin Hydrociol dibedakan menjadi tiga variasi berdasarkan panjang pitch yang akan mempengaruhi performasi Turbin Hydrocoil. Kata kunci: Energi terbaruakan, Turbin Hydrocoil variasi 1, 2 dan 3, pengaruh perubahan panjang pitch, performasi turbin dan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 17 121
NIM/NIDN Creators: 41313010049
Uncontrolled Keywords: Energi terbaruakan, Turbin Hydrocoil variasi 1, 2 dan 3, pengaruh perubahan panjang pitch, performasi turbin dan Computational Fluid Dynamics (CFD)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:20
Last Modified: 20 Dec 2023 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84835

Actions (login required)

View Item View Item