RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE DIRECTION FEATURE EXTRACTION DAN K-NEAREST NEIGHBOR

FAISAL, LUTFI AHMAD (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE DIRECTION FEATURE EXTRACTION DAN K-NEAREST NEIGHBOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
KOMPRE+41519110045+LUTFIAHMADFAISAL - LUTFI AHMAD FAISAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)

Abstract

Each region has a distinctive writing or script where the script differs from one region to another. But as the times progressed, little by little many people forgot the writings of their respective regions. Had Lampung or Lampung script is the language used by the natives of Lampung in communicating. The Lampung script is a feature as one of the identities for the province of Lampung. As a self-identity, the use of Lampung script should not be lost and must be preserved. The Lampung script has 20 graphic forms that have the characteristics of each character. The Lampung script can also compose a sentence by combining the parent script and its subscripts and read from left to right like Latin letters. There are 12 sub-scripts in the Lampung script that can be placed above, below, or to the left of the parent script. This application can display Lampung script material. This application is an application based on digital image processing with Direction Feature Extraction (DFE) as feature extraction and K-Nearest Neighbor (KNN) as a classifier. Because the character/character is an image that has a vector direction, the feature extraction method chosen is DFE and KNN is chosen as a classifier because it is fairly simple by comparing the majority of classes with the shortest distance. Key words: information systems, Lampung script, web application Setiap daerah mempunyai tulisan atau aksara yang khas dimana aksara tersebut berbeda antara daerah satu dengan yang lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, sedikit demi sedikit banyak orang yang melupakan tulisan daerahnya masing-masing. Had Lampung atau Aksara Lampung merupakan Bahasa yang digunakan oleh penduduk asli Lampung dalam melakukan komunikasi. Aksara Lampung merupakan ciri sebagai salah satu identitas diri bagi provinsi Lampung. Sebagai identitas diri, maka penggunaan aksara Lampung tidak boleh hilang dan harus dilestarikan. Aksara Lampung memiliki 20 bentuk grafis yang memiliki ciri khas pada setiap aksaranya. Aksara Lampung juga dapat merangkai sebuah kalimat dengan menggabungkan induk aksara beserta anak aksara dan dibaca daru kiri ke kanan seperti huruf latin. Anak aksara pada Aksara Lampung terdapat 12 buah yang dapat diletakkan di atas, di bawah, maupun dikiri dari induk aksara. Aplikasi ini dapat menampilkan materi aksara lampung, Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis pengolahan citra digital dengan Direction Feature Extraction (DFE) sebagai ekstraksi ciri dan K-Nearest Neighbor (KNN) sebagai pengklasifikasi. Karena aksara/karakter merupakan citra yang memiliki arah vektor maka metode ekstraksi ciri yang dipilih adalah DFE dan KNN dipilih sebagai pengklasifikasi karena terbilang sederhana dengan membandingkan mayoritas kelas dengan jarak terpendek. Kata kunci: sistem informasi, aksara lampung, aplikasi web

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41519110045
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, aksara lampung, aplikasi web
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:03
Last Modified: 04 Dec 2023 08:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84551

Actions (login required)

View Item View Item