WIBISONO, NABILA PRALIETA ANGGRAENI (2021) PENGARUH KUALITAS INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL KETENAGALISTRIKAN (GATRIK) PADA WEBSITE LAPOR.GO.ID TERHADAP KEPUASAN INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
Abstract
Quality information is needed as the foundation of knowledge. It becomes very important when the information is the basis of a decision support. So the quality of information must also be good to reach the right decision. The information conveyed by the Directorate General of Electricity is often ignored by the public, resulting in messages that are not fully conveyed to the public. This study was conducted to determine whether or not there is an influence on the quality of information on the Public Service Directorate General of Electricity on the Lapor.go.id website on the satisfaction of public information and how big the effect is. This research uses descriptive research type. The research method used is a survey, with a quantitative approach. The sample in this study was 82 samples which were people who had made requests for information and complaints on the Lapor.go.id website. The results of this study discuss the quality of information on the Public Service Directorate General of Electricity on the Lapor.go.id website on the satisfaction of public information. Based on the calculation results, it can be seen that from the results of the Pearson Prodict Moment correlation calculation, it is known that R Square is 0.394 or 39.4%, which means that the service quality variable and the information satisfaction variable in the community show a positive relationship. This shows that there is a significant influence between the quality of information on the Public Service Directorate General of Electricity on the Lapor.go.id website on the satisfaction of public information. This shows that the information quality factor is very important to support the satisfaction of the information that the community wants on the Lapor.go.id website. Thus, it can be concluded that the null hypothesis (Ho) is rejected and (Ha) in this study is accepted. It can be said that the quality of information has a significant effect on information satisfaction in the community. This study concludes that the null hypothesis (Ho) is rejected and the Alternative Hypothesis (Ha) in this study is accepted. It can be said that the quality of information has a significant effect on information satisfaction in the community Keywords : Communication, Information Quality, Information Satisfaction, Public Service Informasi yang berkualitas sangat diperlukan sebagai landasan dari sebuah pengetahuan. Menjadi sangat penting ketika informasi tersebut sebagai dasar dari sebuah pendukung keputusan. Maka kualitas sebuah informasi harus baik pula untuk mencapai keputusan yang tepat. Informasi yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan seringkali diabaikan oleh masyarakat sehingga menimbulkan pesan yang tidak sampai dengan maksimal ke masyarakat itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas informasi Pelayanan Publik Direktorat Jendral Ketenagalistrikan pada Website Lapor.go.id terhadap Kepuasan informasi masyarakat dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan pendekatan kuantitatif. Sample dalam penelitian ini sebanyak 82 sample yang merupakan masyarakat yang pernah melakukan permohonan informasi dan pengaduan pada Website Lapor.go.id. Hasil penelitian ini membahas mengenai kualitas informasi Pelayanan Publik Direktorat Jendral Ketenagalistrikan pada Website Lapor.go.id terhadap Kepuasan informasi masyarakat. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa dari hasil perhitungan korelasi Pearson Prodict Moment, diketahui R Square sebesar 0.394 atau sebesat 39,4% yang artinya variabel kualitas pelayanan dan varibel kepuasan informasi di masyarakat memperlihatkan hubungan yang positif. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas informasi Pelayanan Publik Direktorat Jendral Ketenagalistrikan pada Website Lapor.go.id terhadap Kepuasan informasi masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kualitas informasi sangat penting untuk menunjang kepuasan informasi yang diinginkan masyarakat pada website Lapor.go.id. Dengan demikian, dapat disimpulkan hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat dikatakan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan infromasi di masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat dikatakan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan informasi di masyarakat.Kata kunci : Komunikasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Informasi,Pelayanan Publik.
Actions (login required)
View Item |