ANALISIS MAKNA SLOGAN PERHUMAS INDONESIA #IndonesiaBicaraBaik

ALIEFKA, RIZKY (2021) ANALISIS MAKNA SLOGAN PERHUMAS INDONESIA #IndonesiaBicaraBaik. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

The unbalanced news circulating in digital regarding matters related to Indonesia socially, culturally, economically and politically makes there are parties who tend to spread negative provocative news so as to create negative sentiments towards Indonesia's reputation in digital, and a lack of public understanding. the importance of understanding the circulating news and re-examining the content before responding or spreading news or information, as well as the lack of public understanding regarding rules and ethics and language politeness in socializing on digital, thus giving rise to negative behavior in digital made PERHUMAS Indonesia come up with the slogan #IndonesiaBicaraBaik which is an interesting, striking, and easy-to-remember short word or sentence to explain a purpose and purpose of educating, especially in terms of speaking. This study uses a literature review that supports the theory of Semiotics, Charles Sanders Pierce's Semiotics, Public Relations, Slogans, meanings, and signs. This study uses a descriptive qualitative method with an analysis of the concept and theory of semiotics from Charles Sanders Peirce. The object of this research is the text of the slogan #IndonesiaBicaraBaik as the unit of analysis, and the data analysis technique is observation of news and photos from PERHUMAS Indonesia. The results of the study stated the meaning of the text of the #IndonesiaBicaraBaik slogan about the attitude of PERHUMAS Indonesia to provide messages that contained a positive attitude and gave optimism to the Indonesian people to speak well on social media and invite people to apply #IndonesiaBicaraBaik. Key words : Meaning of Slogan Text, Unity of Language, Semiotics Charles Sanders Peirce Belum berimbangnya pemberitaan yang beredar di digital mengenai hal-hal yang terkait dengan Indonesia baik secara sosial, budaya, ekonomi dan politik membuat adanya pihak-pihak yang cenderung menyebarkan pemberitaan yang provokatif negatif sehingga menciptakan sentimen negatif terhadap reputasi Indonesia di digital, lalu kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya untuk melakukan pemahaman atas berita yang beredar serta melakukan pemeriksaan kembali terhadap isi konten sebelum memberikan tanggapan ataupun menyebarkan berita atau sebuah informasi, dan juga kurangnya pemahaman masyarakat terkait aturan dan etika dan kesantunan bahasa dalam bersosialisasi di digital, sehingga memunculkan perilaku yang negatif di digital membuat PERHUMAS Indonesia hadir dengan Slogan #IndonesiaBicaraBaik yang merupakan suatu perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan suatu maksud dan tujuan mengedukasi terutama dalam hal bertutur kata. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka yang mendukung diantaranya teori Semiotika, Semiotika Charles Sanders Pierce, Public Relations, Slogan, makna, dan tanda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis konsep dan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce. Objek penelitian ini adalah teks Slogan #IndonesiaBicaraBaik sebagai unit analisis, dan dengan teknik analisis data observasi terhadap berita dan foto dari PERHUMAS Indonesia. Hasil penelitian menyatakan makna teks Slogan #IndonesiaBicaraBaik tentang sikap dari PERHUMAS Indonesia untuk memberikan pesan yang bermuatan sikap positif dan memberikan optimisme kepada masyarakat Indonesia agar bertutur kata dengan baik pada media sosial serta mengajak masyarakat untuk menerapkan #IndonesiaBicaraBaik. Kata kunci : Makna Teks Slogan, Kesantuan Berbahasa, Semiotika Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217010145
Uncontrolled Keywords: Makna Teks Slogan, Kesantuan Berbahasa, Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:55
Last Modified: 06 Nov 2023 01:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83852

Actions (login required)

View Item View Item