SITORUS, DESSY CHRISTIN (2023) REVIEW JURNAL PENILAIAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI BERBASIS SENTIMEN ANALISIS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES PADA APLIKASI FINTECH KREDIVO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal 41518120053 Dessy Christin Sitorus.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Based on observations made by researchers, FinTech which is commonly and is being widely used by the Indonesian people, especially the millennial generation for payments, purchasing goods and services, one of which is the Kredivo Application. In choosing the application to be used usually consider convenience, security, accuracy of transactions, convenience, and the number of promotions. But some users sometimes still hesitate in using an application because some reviews of the application show positive or negative reviews. With so many reviews displayed in the comments column provided by the Google Play Store on the Kredivo application, analysis is needed to classify the reviews given as positive or negative. Sentiment analysis is a computational study in which data is drawn from the opinions and emotions expressed in the text. The research used is an experimental method using the Naive Bayes Algorithm. So it can be concluded that the review can be convincing from positive reviews by other users and if there are negative reviews it will be input to the company to further develop or improve the product. Keywords: Sentiment Analysis, Fintech, Kredivo Application Penelitian ini didasari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, FinTech yang umum dan sedang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama generasi milineal untuk pembayaran, pembelian barang dan jasa salah satunya adalah Aplikasi Kredivo. Dalam memilih aplikasi yang akan digunakan biasanya mempertimbangkan, kenyamanan, keamanan, ketepatan traksaksi, kemudahan, dan banyaknya promosi. Tetapi beberapa pengguna terkadang masih ragu dalam menggunakan suatu aplikasi karena beberapa review dari aplikasi yang menunjukkan ulasan positif maupun negatif. Dengan banyaknya review yang ditampilkan pada kolom komentar yang telah disediakan oleh Google Play Store di Aplikasi Kredivo dibutuhkan Analisa untuk mengklasifikasi ulasan yang diberikan termasuk positif atau negatif. Analisis sentimen adalah studi komputasi di mana data diambil dari pendapat dan emosi yang diungkapkan dalam teks. Penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen dengan menggunakan Algoritma Naive Bayes.Maka dapat menyimpulkan review tersebut dapat meyakinkan dari review positif oleh pengguna lain dan jika terdapat review negatif maka akan menjadi masukan kepada pihak perusahaan untuk lebih mengembangkan maupun memperbaiki produk tersebut. Kata kunci: Analisa Sentimen, Fintech, Aplikasi Kredivo
Actions (login required)
View Item |