SEMINAT : Aplikasi untuk Menemukan Kelompok Lomba

HILMI, IMAM (2020) SEMINAT : Aplikasi untuk Menemukan Kelompok Lomba. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

For most groups, competition is something that is done to hone their abilities. There are many kinds of competitions, whether done individually or in groups, using mind or using strength. Higher education is also closely related if we talk about the world of competition, there are many students who want to take part in competitions to increase their experience and knowledge outside of the usual learning process. But according to observations made by researchers on the surrounding environment, there are still many students who find it difficult to find friends who can help them make works that can be included in the competition group that they will participate in, and the obstacles they get are from the inappropriate criteria they have for students. does not have many acquaintances from across the majors. Therefore, the author wants to create a system that can help students to make it easier for them to find friends and groups. The method used is the Software Engineering (SE) Prototyping method which is commonly used to build a system that focuses on the prototype stage. The results obtained are in the form of two Android-based applications and Web Admin where the Android application is used as the main system used to help students find their group members and the Web Admin is used to display data collected through the Android application in a form that is easy to understand and read as a report for Ditmawa party which later could be used to monitor and develop students' interest related to competitions that were running in the UMB environment. Key words: Android Application, Web Admin, Competition, Prototyping, Group Bagi Sebagian besar kalangan, perlombaan merupakan suatu hal yang dilakukan untuk mengasah kemampuan yang dimiliki. Ada banyak sekali macam perlombaan dari yang dilakukan secara individu maupun berkelompok, yang menggunakan pikiran maupun menggunakan kekuatan. Perguruan tinggi juga tak terlepas kaitannya jika kita membicarakan terkait dengan dunia perlombaan, banyak mahasiswa yang ingin mengikuti perlombaan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan mereka di luar dari proses pembelajaran yang biasa dilakukan. Tetapi menurut pengamatan yang peneliti lakukan terhadap lingkungan sekitar, masih banyak mahasiswa yang kesusahan untuk mencari teman yang bisa membantu mereka untuk membuat karya yang bisa diikutsertakan ke dalam kelompok perlombaan yang akan mereka ikuti, dan kendala yang didapat mulai dari tidak sesuainya kriteria yang dimiliki hingga mahasiswa tersebut tidak mempunyai banyak kenalan dari lintas jurusan. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah sistem yang dapat membantu para mahasiswa untuk mempermudah mereka dalam mencari teman dan kelompok. Metode yang digunakan berupa metode Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Prototyping yang biasa digunakan untuk membangun sebuah sistem yang berfokus pada tahapan prototype. Hasil yang didapatkan berupa dua aplikasi berbasis Android dan Web Admin dimana aplikasi Android digunakan sebagai sistem utama yang digunakan untuk membantu mahasiswa mencari anggota kelompok mereka dan Web Admin yang digunakan untuk menampilkan data yang dikumpulkan melalui aplikasi Android dalam bentuk yang mudah dipahami dan dibaca sebagai laporan untuk pihak Ditmawa yang nantinya bisa digunakan untuk memantau dan mengembangkan minat para mahasiswa terkait perlombaan yang berjalan di lingkungan sekitar UMB. Kata kunci: Aplikasi Android, Web Admin, Perlombaan, Prototyping, Kelompok

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41517010106
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Web Admin, Perlombaan, Prototyping, Kelompok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:48
Last Modified: 26 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83314

Actions (login required)

View Item View Item