PRASETYO, AJI ARIF FAHLI (2021) SIMULASI NUMERIK SISTEM PENDINGINAN PADA AXIAL BLDC MOTOR DENGAN MENAMBAHKAN FIN BERDASARKAN 3 JUMLAH VARIASI MENGGUNAKAN CFD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf Download (304kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
Abstract
Electric Motor is the core driving force of a machine. Many cases that occur in electric motors experience overheating. One of the causes of the overheat itself is malfunctioning or not optimal cooling of the motor. Overheating of an electric motor causes adverse effects such as, increasing Heat Loss, decreasing motor efficiency & reducing the life of the electric motor. The electric car produced by the Mercu Buana University Electric Car Team uses an Axial BLDC Motor which is still standard according to factory output. This motor is simulated in a simulation by making a design according to the shape of the motor and using CFD-Fluent as a medium for heat simulation. After the simulation is carried out, the temperature in the winding part of the motor is 68.2 º C at a speed of 1000 Rpm, heat transfer occurs in the part of the casing which is carried by convection air. To add maximum cooling, this time the design is added to accelerate the speed. The fin material used is made of aluminum. The thermal conductivity of aluminum is 202.4 W / m K. The result of motor simulation with the addition of motor temperature has decreased the standard using the same parameters. The temperature drop on the Axial BLDC Motor Standard is from 68.2 º C to 47.3 º C. Key words : BLDC Motor, CFD Fluent, Thermal , Fin Electric Motor merupakan penggerak inti dari sebuah mesin. Banyak kasus yang terjadi pada Electric Motor mengalami overheat. Salah satu penyebab dari over heat itu sendiri adalah tidak berfungsi atau kurang maksimalnya pendinginan pada motor. Overheat pada motor listrik menyebabkan dampak yang merugikan seperti , meningkatkan Heat Loss, penurunan efisiensi motor & mengurangi life time motor listrik. Mobil Listrik yang diproduksi oleh Tim Mobil Listrik Universitas Mercu Buana menggunakan Axial BLDC Motor yang masih standar sesuai dengan keluaran pabrik. Motor ini disimulasikan dengan membuat desain sesuai dengan bentuk motor dan menggunakan CFD- Fluent sebagai media untuk simulasi perpindahan panasnya. Setelah dilakukan simulasi, temperatur tertinggi berada pada bagian winding motor sebesar 68.2 º C pada kecepatan 1000 Rpm, perpindahan panas terjadi pada bagian cover casing yang dibawa oleh udara secara konveksi. Untuk menambahkan pendinginan yang lebih maksimal, maka pada desain kali ini ditambahkan fin untuk mempercepat perpindahan panas. Material fin yang digunakan terbuat dari bahan Alumunium. Konduktivitas Thermal dari bahan aluminium ini sebesar 202.4 W/m K. Hasil simulasi motor dengan penambahan fin mengalami penurunan temperatur dari motor standard dengan menggunakan parameter yang sama. Penurunan temperatur pada Axial BLDC Motor Standard yakni dari 68.2 º C menjadi 47.3 º C . Kata kunci : Motor BLDC, CFD Fluent, Thermal , Fin
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41316320027 |
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC, CFD Fluent, Thermal , Fin |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:31 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |