APLIKASI GAME EDUKASI KANAK-KANAK USIA 3-5 TAHUN (SI GEMAS) BERBASIS ANDROID

JULIANTO, IRFAN (2018) APLIKASI GAME EDUKASI KANAK-KANAK USIA 3-5 TAHUN (SI GEMAS) BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Pernyataan.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar Lampiran.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Children's learning media start varying from formal and non-formal lessons, many of the children in their free time are filled with activities that contain smartphone abuse such as watching videos and opening applications that do not match their age. A survey by Common Sense Media in Philadelphia revealed that children ranging in age from 4 years already have their own mobile devices without parental supervision. With this problem we innovate to make learning and play facilities that are educational game to reduce the abuse of smartphone in child and facilitate child in learning non formal to minimize abuse of smartphone in child. The method used to create this application is Multimedia Development Life Cycle (MDLC). The language used in this application is the Java programming language. Keywords: Learning Media, Game, Smartphone, MDLC, Education Application. Media pembelajaran anak mulai bermacam-macam mulai dari pelajaran formal dan non formal, banyak anak-anak pada waktu kosongnya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mengandung penyalahgunaan smartphone seperti menonton video dan membuka aplikasi yang tidak sesuai umurnya. Sebuah survei oleh Common Sense Media di Philadelphia mengungkapkan bahwa anak – anak mulai usia 4 tahun sudah punya perangkat mobile sendiri tanpa pengawasan orang tua. Dengan adanya permasalahan ini kami berinovasi untuk membuat sarana belajar dan bermain yaitu game edukasi untuk mengurangi penyalahgunaan smartphone pada anak dan memudahkan kanak – kanak dalam belajar non formal untuk meminimalisirkan penyalahgunakan smartphone pada anak. Metode yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Bahasa yang digunakan pada aplikasi ini adalah bahasa pemrograman Java. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game, Smartphone, MDLC, Aplikasi Edukasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 384
Call Number: SIK/18/19/085
NIM/NIDN Creators: 41814010131
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game, Smartphone, MDLC, Aplikasi Edukasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:23
Last Modified: 23 Oct 2023 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83080

Actions (login required)

View Item View Item