ANALISA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DI PERLINTASAN SEBIDANG WILAYAH PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 1 JAKARTA

BENAWAN, CHANO (2021) ANALISA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DI PERLINTASAN SEBIDANG WILAYAH PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 1 JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
rev_1. COVER (COVER, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, PENGESAHAN, PERNYATAAN, SIMILARITY, DAFTAR ISI) (PDF) - Chano Foenale.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (PDF) - Chano Foenale.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The volume of train trips which every day reaches 1,300 trips causes a high intensity of encounters between trains and other vehicles at level crossings. This raises the potential for accidents involving trains with other vehicles or with humans. This study aims to determine the factors that cause accidents, reduce the number of accidents and improve the safety system at level crossings in the Daop 1 Jakarta area. The research method used is descriptive qualitative with a population of accidents at level crossings in the PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta area during 2016-2019. The number of samples used is 198 accidents with a chronological investigation of accidents. Analysis using Human Factor Classification and Analysis System (HFACS) followed by Fishbone Analysis and 5Whys Analysis. Based on the research conducted, the factors that cause accidents at level crossings within the Daop 1 Jakarta area caused by motorists are unsafe behavior committed by motorists, namely making mistakes in crossing and violations that are not in accordance with applicable procedures at the crossing, causing accidents. For accidents caused by pedestrians, the contributing factor is unsafe behavior such as errors in crossing and violations committed as well as pedestrian conditions that do not support crossing the crossing. Keywords: Accident, Level Crossing, HFACS, Train, Human Factor. Volume perjalanan kereta yang setiap harinya mencapai 1.300 perjalanan menyebabkan intensitas pertemuan yang tinggi antara kereta dengan kendaraan lain di perlintasan sebidang. Hal ini menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta dengan kendaraan lain maupun dengan manusia. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor penyebab kecelakaan, mengurangi jumlah kecelakaan dan meperbaiki sistem keselamatan di perlintasan sebidang dalam Wilayah Daop 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan populasi kecelakaan di perlintasan sebidang Wilayah PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta selama tahun 2016-2019. Jumlah sampel yang digunakan 198 kecelakaan dengan dilakukan investigasi kronologis kecelakaan. Analisa menggunakan Human Factor Classification and Analysis System (HFACS) dilanjutkan dengan Analisa Fishbone dan 5Whys Analysis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, faktor-faktor penyebab kecelakaan di perlintasan sebidang dalam Wilayah Daop 1 Jakarta yang disebabkan oleh pengendara bermotor adalah perilaku tidak aman yang dilakukan oleh pengendara bermotor yaitu melakukan kesalahan dalam melintas dan pelanggaran yang tidak sesuai dengan prosedur berlaku di perlintasan sehingga menyebabkan kecelakaan. Untuk kecelakaan yang disebabkan oleh pejalan kaki, faktor penyebabnya adalah perilaku tidak aman yang dilakukan seperti kesalahan dalam melintas dan pelanggaran yang dilakukan serta kondisi pejalan kaki yang tidak mendukung untuk melintas perlintasan. Kata Kunci : Kecelakaan, Perlintasan Sebidang, HFACS, Kereta Api, Human Factor.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55119110047
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Perlintasan Sebidang, HFACS, Kereta Api, Human Factor.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.4 System Programming and Programs/Sistem Pemrograman dan Program > 005.43 Operating System/Sistem Operasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.4 System Programming and Programs/Sistem Pemrograman dan Program > 005.43 Operating System/Sistem Operasi > 005.434 Process Management Programs/Program Manajemen Proses
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:58
Last Modified: 20 Oct 2023 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82926

Actions (login required)

View Item View Item