PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK DARI KUALITAS TIDUR

WAHYUDI, MUHAMAD (2023) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK DARI KUALITAS TIDUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Sleep and rest are the basic needs of every human being. However, many people still don't know the impact or side effects that can occur if the body doesn't get enough sleep. The lack of media that discusses the quality of sleep has an impact on people's indifference about the importance of maintaining good and healthy sleep patterns. Based on the results of a study released in 2019 by Royal Philips, it was found that 62% of the adults involved in the study survey did not get enough sleep and had poor sleep quality. Therefore, it is necessary to make efforts to spread the message about the importance of quality sleep by carrying out a social campaign, using audio-visual media in order to convey information effectively. This is supported by the results of Google in search 2019 research, which shows that 75% of Indonesians prefer to consume online news (information) via YouTube. The role of visual storytelling is of course closely related to audio-visual media. In response to this issue, the authors designed a design using audio-visual media in the form of 3D animated videos which aim as part of an effort to educate through the delivery of images, text and sound that are useful in conveying messages. In this design, the authors also design supporting media such as informative content using social media platforms and print media that can be used in their daily activities so that it is expected to help them improve their sleep quality. Keywords: 3D Animation, Sleep, Visual Storytelling, Social Campaign Tidur dan beristirahat adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Akan tetapi, banyak yang masih belum mengetahui dampak atau efek samping yang dapat terjadi apabila tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurangnya media yang membahas tentang kualitas tidur berdampak pada acuhnya masyarakat tentang pentingnya untuk menjaga pola tidur yang baik dan sehat. Berdasarkan hasil studi yang dirilis pada tahun 2019 oleh Royal Philips, didapati bahwa 62% orang dewasa yang terlibat dalam survei studi tersebut, tidak mendapatkan cukup waktu tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk. Oleh karena itu perlunya dilakukan upaya dengan menyebarkan pesan akan pentingnya kualitas tidur dengan dilakukannya sebuah kampanye sosial, dengan menggunakan media audio visual agar dapat menyampaikan informasi dengan efektif. Hal ini didukung oleh hasil riset Google in search 2019, yang menunjukan bahwa 75% masyarakat indonesia lebih suka mengonsumsi berita online (informasi) melalui YouTube. Peran visual storytelling tentunya sangat berkaitan dengan media-media audio visual. Dalam menanggapi isu tersebut, penulis melakukan perancangan dengan penggunaan media audio visual berupa video animasi 3D yang mana bertujuan sebagai bagian dari upaya untuk mengedukasi melalui penyampaian gambar, teks dan suara yang berguna dalam menyampaikan pesan. Pada perancangan ini penulis juga merancang media pendukung seperti konten informatif dengan menggunakan platform media sosial dan juga media cetak yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari sehingga diharapkan bisa membantu mereka dalam meningkatkan kualitas tidurnya. Kata Kunci: Animasi 3D, Tidur, Visual Storytelling, Kampanye sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 23 050
Call Number: SDSK/23/23/039
NIM/NIDN Creators: 42319010040
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Tidur, Visual Storytelling, Kampanye sosial
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 745 Decorative Arts/Seni Dekorasi > 745.4 Pure and Applied Design and Decoration/Desain Dekorasi Murni dan Terapan
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:29
Last Modified: 08 Nov 2023 01:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82856

Actions (login required)

View Item View Item