PEMBUATAN APLIKASI AR UNTUK MEMBANTU KEGIATAN PEMBELAJARAN PELAJAR MENGENAL MEDIA PENYIMPANAN DATA PADA KOMPUTER

RAMADHAN, ZAID MUHAMMAD (2023) PEMBUATAN APLIKASI AR UNTUK MEMBANTU KEGIATAN PEMBELAJARAN PELAJAR MENGENAL MEDIA PENYIMPANAN DATA PADA KOMPUTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
KOMPRE - Zaid Muhammad Ramadhan - 41519010104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

In modern times, the use of technology is no stranger. Technological developments must be utilized in various fields such as in education. At present, most elementary schools in Indonesia still use conventional learning media, namely through books, posters or. other print media. The use of technology in the world of education can be applied as a substitute for print media, for example using Augmented Reality. The use of Augmented Reality in learning methods can make it easier for students to learn about data storage media. Students can see real shapes in 3D such as Floppydisks, Internal Harddisks, External Harddisks, Flashdisk, Solid State Drive (SSD) and Compact Disk (CD). The research method used to create the Augmented Reality Data Storage Media Application is the waterfall method which consists of four stages, namely needs analysis, design, manufacture and testing Di zaman modern sekarang penggunaan teknologi sudah bukan hal yang asing lagi. Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan di berbagai bidang seperti halnyadalam pendidikan. Saat ini sebagian sekolah dasar di indonesia masih menggunakanmedia pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu melalui buku, poster ataupun. media cetak lainnya. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan bisa diterapkan sebagai pengganti media cetak, seperti contohnya penggunaan Augmented Reality.Penggunaan Augmented Reality dalam metode pembelajaran bisa memudahkan siswa dalam belajar mengenal media penyimpanan data.Siswa bisa melihat bentuk nyata secara 3D seperti Floppydisk, Harddisk Internal, Harddisk Eksternal, Flashdisk, Solid State Drive (SSD) dan Compact Disk (CD).Metode penelitian yang digunakan untuk membuat Aplikasi Augmented Reality Media Penyimpanan Data adalah metode waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan dan uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 23 156
NIM/NIDN Creators: 41519010104
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN APLIKASI AR UNTUK MEMBANTU KEGIATAN PEMBELAJARAN PELAJAR MENGENAL MEDIA PENYIMPANAN DATA PADA KOMPUTER
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.5 Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.1 General Works on Specific Types of Computers/Karya Umum tentang Tipe-tipe Khusus Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:01
Last Modified: 13 Oct 2023 02:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82438

Actions (login required)

View Item View Item