PENINGKATAN KINERJA PROYEK JALAN TOL DENGAN SISTEM DINAMIK DAN LINE OF BALANCE (LoB)

SUMADIYONO, SUMADIYONO (2021) PENINGKATAN KINERJA PROYEK JALAN TOL DENGAN SISTEM DINAMIK DAN LINE OF BALANCE (LoB). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER Sumadiyono - 55718120028.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1 Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2 Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3 Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4 Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5 Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN Sumadiyono - 55718120028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

In toll road construction, all aspects need to be considered, from planning, implementing and meeting minimum service standards during operations. In addition, to reduce the risk of toll road project investment by reducing the risk of rework. Repetitive work (rework) has a direct and indirect impact on project performance which has an impact on costs, rework is also a very significant contributor to waste or additional time which results in the completion of the project schedule. This research answers the factors that affect the cost and time performance of toll road projects, the implementation of dynamic systems to improve cost performance and time LoB, dynamic systems and balance lines (LoB) on toll road projects and aims to develop improvement scenarios to minimize rework on toll road projects with modeling and simulation for cost performance, using the balance line method by making a balance line diagram to see no accidents on each work for the project time performance. Research variables are obtained based on the results of literature studies and questionnaires from respondents of Toll Road Business Entities, Consultants and Contractors including: Project Managers, Site Engineers and Consultants. Primary data collection uses closed questionnaires while secondary data is obtained from the project including technical data on projects between other schedules and the RAB. The initial model used the form of a causal circle diagram which was later developed into a Stock Flow Chart, and simulated improvements to influence cost performance. Repair with buffer time or job waiting time so that work that crashes can be avoided and optimizes the project duration. From the research obtained 12 outcome factors that affect cost and time performance on a toll road project, a dynamic system implementation is able to provide optimal solutions with the ability to reduce the proportion of the number of rework by 23.11% for 42 months, the implementation line of the balance of the increase in time performance by reducing the duration of the project from 1339 days to 1176 days or 12.17% Keywords: rework, time delay, dynamic system, line of balance, toll roads Dalam pembangunan jalan tol perlu diperhatikan semua aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemenuhan standar pelayanan minimum pada saat operasional. Selain itu untuk mengurangi resiko investasi proyek jalan tol dengan mengurangi resiko rework. Pengerjaan berulang (rework) memiliki dampak langsung dan tidak langsung pada kinerja proyek Selain berdampak pada biaya, rework juga menjadi kontributor yang sangat signifikan untuk pemborosan atau penambahan waktu yang menyebabkan keterlambatan jadwal penyelesaian dari proyek. Penelitian ini menjawab aktor-faktor yang mempengaruhi kinerja biaya dan waktu pada proyek jalan tol, implementasi sistem dinamik untuk meningkatkan kinerja biaya dan LoB waktu, sistem dinamik dan line of balance (LoB) pada proyek jalan tol serta bertujuan untuk mengembangkan skenario perbaikan untuk meminimalisir timbulnya rework pada proyek jalan tol dengan pemodelan dan simulasi untuk kinerja biaya, menggunakan metode line of balance dengan membuat diagram line of balance untuk mengetahui ada tidaknya crash pada tiap pekerjaan untuk kinerja waktu proyek. Variabel penelitian didapatkan berdasarkan hasil studi literatur dan hasil kuisoner dari responden Badan Usaha Jalan Tol, Konsultan dan Kontraktor meliputi : Manajer Proyek, Site Engineer dan Konsultan. Pengumpulan data primer menggunakan kuisioner tertutup sedangkan data sekunder didapat dari proyek meliputi data teknis proyek antar alain jadwal dan RAB. Model awal menggunakan bentuk causal loop diagram yang kemudian dikembangkan menjadi Stock Flow Diagram, dan dilaksanakan simulasi perbaikan untuk mengetahui pengaruh terhadap kinerja biaya. Perbaikan dengan meminimalkan buffer time atau waktu tunggu pekerjaan agar pekerjaan yang mengalami crash dapat dihindari dan mengoptimalkan durasi proyek.. Dari hasil penelitian diperoleh 12 faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja biaya dan waktu pada proyek jalan tol, implementasi sistem dinamik mampu meberikan solusi optimum dengan kemampuan mengurangi persentase jumlah rework sebesar 23,11% untuk 42 bulan, implementasi line of balance terjadi peningkatan kinerja waktu dengan berkurangnya durasi pelaksanaan proyek yaitu dari yang semula 1339 hari menjadi 1176 hari atau sebesar 12,17%. Kata kunci: rework, keterlambatan waktu, sistem dinamik, line of balance, jalan tol

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55718120028
Uncontrolled Keywords: rework, keterlambatan waktu, sistem dinamik, line of balance, jalan tol
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.1 System Identification/Identifikasi Sistem
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.7 Kinds of Systems/Macam-macam Sistem
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:15
Last Modified: 09 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82184

Actions (login required)

View Item View Item