PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP CAPAIAN PENJUALAN DAN PEMILIHAN VARIASI PRODUK TERHADAP INDUSTRI UMKM MANUFAKTUR DI INDONESIA DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN DMAIC (STUDI KASUS : PENJUALAN UNIT MESIN DI PT. KRISBOW INDONESIA)

PRIYAMBODO, ADRIANUS (2021) PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP CAPAIAN PENJUALAN DAN PEMILIHAN VARIASI PRODUK TERHADAP INDUSTRI UMKM MANUFAKTUR DI INDONESIA DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN DMAIC (STUDI KASUS : PENJUALAN UNIT MESIN DI PT. KRISBOW INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB VI)
07. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

The Increasing case of Covid 19 have an imppact for economic business and health. UMKM Business at industry manufacturing is one have an affected to a increasing pandemic case. With decreasing of market interest and human resourches, make the business to more compel make an new innovation and creative strategi. PT Krisbow Indonesia have a many variant product and represented by each departement , have a responbility to sales and develop product. In the process target and provisions have been set by company, like a target sales of product and quality of product. In this research data collection from by conducting direct interview with an supervisor or leaders an incharge for marketing position and staff sales at the field. Also make a observasation direct at the field. This Research used a qualitative and quantitative data type, obtained directly company concerned and business at the fields. The analysis was carried out using Technology Acceptance Model with DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) aproaching and BCG (Boston Consulting Group ) aproaching. With this research, author have hope that company will be able to increase their sales, strategic market system and offer more attractive product Machinery. And also to make easier sales and develop product during Pandemic Covid 19. Try new Strategies that can be applied by the company using a fishbone tools with 4P (product, place, price, promo) approaching with the maintain the improvement process, that problem can be reduced and hope will bring more sales. And the last for the keeping the progress this research use a Plan-Do-Act- Control approaching Keywords: Covid 19, Variant, Market, Industry Kasus meningkatnya Covid-19 berpengaruh dalam dunia kesehatan dan ekonomi. Bisnis UMKM di bidang industry manufaktur sangat terdampak akibat kasus pandemi yang terus meningkat. Selain dengan turunnya minat pasar, seiring turunnya tenaga SDM (sumber daya manusia) memaksa pelaku bisnis untuk berperan lebih kreatif dan inovatif. Dalam usahanya PT KRISBOW INDONESIA, memiliki berbagai macam kategori produk yang diwakili oleh masing masing departemen, salah satu tugas departemennya adalah untuk mendatangkan inovasi produk terbaru dan bertanggung jawab akan penjualan. Dalam prosesnya ada ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapakan oleh perusahaan, baik itu penjualan barangnya dan juga target dari kualitas barang tersebut. Dalam penelitian ini pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan supervisor atau leader maupun staff marketing dan sales bagian penjualan, serta melakukan pengamatan langsung Penelitan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh langsung dari perusahaan yang bersangkutan dan pelaku bisnis. Analisa dilakukan dengan pendekatan Technology Acceptance Model metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control) dan BOSTON CONSULTING GROUP (BCG Model). Dengan penelitian ini diharapkan perusahaan mampu meningkatkan pangsa pasar yang strategis dan Tingkat penawaran terhadap produk permesinan menarik sehingga, proses penjualan dan penawaran pada produk mempermudah disaat pandemi Covid 19. Dan pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industry yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh membuat perusahaan harus mencoba strategi yang baru salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan yaitu dengan analisa diagram fishbone dengan pendekatan 4P dengan tujuan untuk mempertahankan proses perbaikan, sehingga masalah yang terjadi dimasa lalu tidak akan terjadi lagi atau dapat dioptimalkan untuk meminimalkan efek negative menggunakan pendekatan PLAN-DO-ACT-CONTROL Kata Kunci: Covid 19, Variasi, Pasar, Industri

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41619110003
Uncontrolled Keywords: Covid 19, Variasi, Pasar, Industri
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.6 Technology Material Time/Teknologi Bahan Sisa
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 607 Education of Technology/Pendidikan di Bidang Teknologi, Research of Technology/Penelitian di Bidang Teknologi, Applied Sciences/Ilmu Terapan, Related Topics/Topik-topik yang Berhubungan dengan Teknologi > 607.1 Education of Technology and Applied Sciences/Pendidikan di Bidang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:06
Last Modified: 05 Oct 2023 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81994

Actions (login required)

View Item View Item