ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERBAIKAN JARINGAN INTERNET DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI PT MNC KABEL MEDIACOM (Studi Kasus Kecamatan Cengkareng)

FITRIANI, ROHMAH (2023) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERBAIKAN JARINGAN INTERNET DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI PT MNC KABEL MEDIACOM (Studi Kasus Kecamatan Cengkareng). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Network repair is needed for internet service providers. To ensure customers get good service and do not switch to other providers, PT MNC Kabel Mediacom must pay attention to the services provided to its customers. This is because the quality of repair after the installation of the internet network is an important aspect of service delivery. This study used the servqual method and Importance Performance Analysis (IPA) with 50 respondents participating in answering the questionnaire. The results show that the GAP value in each statement is negative with the largest GAP value being on the assurance dimension of -1.18 and the lowest GAP being on the responsiveness dimension of -0.76. Of the 10 indicators distributed into 4 quadrants, the main priority for improvement that must be increased using the IPA method is attribute P5 which is in quadrant I. This research can help solve problems in other sub-districts if PT MNC Kabel Mediacom can increase customer satisfaction, especially on indicators that be a priority for network repair. Keywords: Servqual, Service quality, Customer satisfaction, Network repair. Perbaikan jaringan sangat diperlukan bagi penyedia jasa layanan internet. Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang baik dan tidak berpindah ke provider yang lain, maka PT MNC Kabel Mediacom harus memperhatikan pelayanan jasa yang diberikan kepada pelanggannya. Hal ini dikarenakan kualitas perbaikan setelah pemasangan jaringan internet merupakan aspek penting dari pelayanan jasa. Penelitian ini mengunakan metode servqual dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan 50 responden berpartisipasi dalam menjawab kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa nilai GAP pada setiap pernyataan yang ada bernilai negatif dengan nilai GAP terbesar berada pada dimensi jaminan (assurance) sebesar -1,18 dan GAP terendah berada pada dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar -0,76. Dari 10 indikator yang disebarkan kedalam 4 kuadran, prioritas utama perbaikan yang harus ditingkatkan dengan menggunakan metode IPA adalah atribut P5 yang berada pada kuadran I. Penelitian ini dapat membantu menyelesaikan masalah di kecamatan lain apabila PT MNC Kabel Mediacom dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terutama pada indikator yang menjadi prioritas perbaikan jaringan. . Kata Kunci : Servqual, Kualitas layanan jasa, Kepuasan pelanggan, Perbaikan jaringan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 23 103
Call Number: ST/16/23/092
NIM/NIDN Creators: 41619110040
Uncontrolled Keywords: Servqual, Kualitas layanan jasa, Kepuasan pelanggan, Perbaikan jaringan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.1 Steam Engineering/Teknik Uap
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:59
Last Modified: 19 Oct 2023 07:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81800

Actions (login required)

View Item View Item