PREDIKSI POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA PENJUALAN SEMBAKO MENGGUNAKAN METODE FP-GROWTH (Studi Kasus Toko Untari Jaya)

PURBA, OCTAVIA NOVITA SARI (2023) PREDIKSI POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA PENJUALAN SEMBAKO MENGGUNAKAN METODE FP-GROWTH (Studi Kasus Toko Untari Jaya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 02 Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
41519210064 - Octavia Novita Sari Purba - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk pengembangan bisnis diperlukan informasi yang dapat meningkatkan strategi penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pola pembelian konsumen terhadap penjualan sembako di toko Untari Jaya. Data yang digunakan adalah data penjualan selama kurang lebih setahun yang terdiri dari nama barang dan jumlah barang yang terjual dengan total data berjumlah 1165. Algoritma yang digunakan adalah FP-Growth dengan teknik Asosiasi KDD. Implementasi algoritma menggunakan bahasa pemrograman Python menggunakan tool Jupyter notebook. Hasil analisis algoritma menunjukkan bahwa produk Bear Brand dan Aqua merupakan pasangan produk dengan nilai support tertinggi dibandingkan dengan produk lainnya dengan nilai support sebesar 51.54%. Kata Kunci: Algoritma FP-Growth, Data Mining, Pembelian Konsumen, Strategi Penjualan. For business development, information is needed that can improve sales strategies. The purpose of this study was to produce consumer buying patterns for selling groceries at the Untari Jaya store. The data used is sales data for approximately a year consisting of the name of the item and the number of items sold with a total of 1165 data. The algorithm used is FP-Growth with the Association KDD technique. Implementation of the algorithm using the Python programming language using the Jupyter notebook tool. The results of the algorithm analysis show that the Bear Brand and Aqua products are the product pair with the highest support value compared to other products with a support value of 51.54%. Keywords: FP-Growth Algorithm, Data Mining, Consumer Purchasing, Sales Strategy, Association Method.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO 23 019
NIM/NIDN Creators: 41519210064
Uncontrolled Keywords: Algoritma FP-Growth, Data Mining, Pembelian Konsumen, Strategi Penjualan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:13
Last Modified: 27 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81499

Actions (login required)

View Item View Item