PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI GEJALA, PENYEBAB, DAN PENCEGAHAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS)

ANISYA, NURUL (2023) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI GEJALA, PENYEBAB, DAN PENCEGAHAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
42319210020 - Nurul Anisya - 01 Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
42319210020 - Nurul Anisya - 02 Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
42319210020 - Nurul Anisya - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyaknya kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan teknologi, seperti proses belajar-mengajar yang berlangsung secara hybrid. Perubahan ini meningkatkan intensitas screen time bagi banyak individu, terutama pelajar dan mahasiswa, apabila tidak dilaksanakan dengan kebiasaanbaik dapat meningkatnya potensi terjadinya Computer Vision Syndrome (CVS), sebuah masalah kelelahan pada mata yang diakibatkan oleh penggunaan perangkat digital yang tidak baik. Masalah ini dapat dicegah dan diatasi dengan beberapa cara, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Sebagai solusi, untuk mengedukasi masyarakat mengenai Computer Vision Syndrome maka dilakukan perancangan media edukasi berbentuk video motion graphic. Pemilihan media agar penonton merasa lebih tertarik untuk mempelajari dan mudah memahami informasi yang disampaikan karena video menggabungkan elemen audio dan visual sehingga mampu meningkatkan efektivitas penyampaian informasi, tampilannya yang dapat didesain sedemikian rupa mampu menarik perhatian para penonton untuk fokus. Melalui pelaksanaan uji desain dengan publikasi digital pada Youtube dan dengan pameran offline, didapatkan hasil respon yang positif dari target, mereka berpendapat bahwa karya yang telah dirancang edukatif dan memiliki desain menarik, selain itu informasi yang disampaikan ringkas dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV 23 014
NIM/NIDN Creators: 42319210020
Uncontrolled Keywords: motion graphic, media edukasi, Computer Vision Syndrome, kelelahan mata
Subjects: 900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.2 Miscellany of Travel/Aneka Ragam tentang Perjalanan > 910.22 Illustrations, Models, Miniatures/Ilustrasi, Model, Miniatur
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:42
Last Modified: 21 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81248

Actions (login required)

View Item View Item