ARDININGSIH, RIANDINI (2021) IMPLEMENTASI LEAN MANUFAKTUR UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN PADA PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN METODE WAM, DMAIC, DAN VSM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Kasus PT. Hau Chai). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB II)
12. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text (BAB III)
13. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB IV)
14. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
15. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (BAB VI)
16. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
18. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
Abstract
PT. HAU CHAI merupakan perusahaan produksi EVA Foam/ Sponge EVA di Indonesia yang berdiri sejak tahu 1986. Dengan pengalaman yang dimiliki perusahaan menginjak lebih dari 30 tahun, membuat perusahaan penghasil Sponge EVA ini memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar juga yang ada di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat permasalah dimana terjadinya penyimpangan waktu proses penanganan keluhan pelanggan antara harapan perusahaan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan langsung. Penyimpangan tersebut diketahui bahwa perusahaan pengharapkan dapat memberikan pelayanan keluhan pelanggan dalam kurun waktu 7 hari kerja dengan perhitungan jam kerja selama 8 jam perhari, sedangkan berdasarkan record perusahaan tahun 2020 mendapatkan waktu rata-rata sebanyak 8 hari pada proses penanganan keluhan pelanggan. Oleh Karena itu, perlu adanya pendekatan lean manufaktur untuk mengetahui penyebab waste yang terjadi dengan menggunakan pendekatan DMAIC yang diintegrasikan dengan metode Value Stream Mapping (VSM), dan Waste Assessment Model (WAM). Aliran proses pada penanganan keluhan pelanggan keadaan saat ini digambarkan dengan Current Value Stream Mapping (CVSM). Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, didapatkan waste terbesar yang terjadi yaitu Defect, Overproduction, dan Inventory dengan masing masing persentase yaitu 25.91%, 19.19%, dan 17.92%. Selanjutnya, mengidentifikasi apa saja akar penyebab pemborosan dengan menggunakan fishbone diagram dan menentukan usulan solusi perbaikan yang tepat. Setelah itu melakukan pengaplikasian perbaikan tersebut dengan Furure Value Stream Mapping (FVSM) sehingga mendapatkan waktu proses penanganan keluhan pelanggan 5.01 hari untuk waktu mulai proses dan 6.03 hari untuk lead time. Kata Kunci: Lean Manufaktur, Pemborosan, Pelayanan, Spong EVA, DMAIC, VSM, WAM.
Actions (login required)
View Item |