PENERAPAN ALGORITMA BACKWARD CHAINING DALAM PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGAJUAN HELPDESK (Studi Kasus: PT Candi Berkah Tehnologi)

MULYANI, FAHMI (2023) PENERAPAN ALGORITMA BACKWARD CHAINING DALAM PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGAJUAN HELPDESK (Studi Kasus: PT Candi Berkah Tehnologi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
41519110025-Fahmi Mulyani-01 Cover - Fahmi Mulyani.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
41519110025-Fahmi Mulyani-02 Abstrak - Fahmi Mulyani.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
41519110025-Fahmi Mulyani-03 Bab 1 - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (Bab 2)
41519110025-Fahmi Mulyani-04 Bab 2 - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
41519110025-Fahmi Mulyani-05 Bab 3 - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (Bab 4)
41519110025-Fahmi Mulyani-06 Bab 4 - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Bab 5)
41519110025-Fahmi Mulyani-07 Bab 5 - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
41519110025-Fahmi Mulyani-08 Daftar Pustaka - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (Lampiran)
41519110025-Fahmi Mulyani-09 Lampiran - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Formulir pernyataan keabsahan dan persetujuan publikasi tugas akhir)
41519110025-Fahmi Mulyani-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Fahmi Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Helpdesk merupakan seseorang yang bertugas untuk menjawab pertanyaan dari permasalahan yang dialami pengguna layanan suatu perusahaan. Tujuan dari helpdesk tersebut umumnya untuk mencari solusi atau memberikan arahan kepada pengguna layanan mengenai cara penggunaan, terdapat kesalahan pada produk, dan lain-lain. Keberadaan helpdesk bisa dikatakan sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Karena dengan adanya sistem helpdesk, pengguna layanan dapat menemukan solusi permasalahannya dengan cepat dan terarah. PT Candi Berkah Tehnlogi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi teknologi informasi. Salah satunya dalam pengembangan dan perawatan sistem aplikasi berbasis website. PT Candi Berkah Tehnologi juga memeiliki beberapa sistem aplikasi untuk pelanggannya yang sedang dilakukan perawatan sistem aplikasi. Saat ini, apabila terdapat pertanyaan ataupun masalah terhadap sistem aplikasi, pengguna aplikasi melaporkan permasalahan tersebut melalui pesan Whatsapp. Hal tersebut tentu sangat tidak efektif. Sering kali terjadi pesan tersebut terlewatkan sehingga tidak tertangani karena tertutup dengan pesan yang baru dari pelanggan/pengguna aplikasi. Pelanggan juga kesulitan untuk menelusuri status terakhir dari permasalahannya tersebut. Dengan alasan itu, penulis merancang sistem aplikasi Pengajuan Helpdesk. Sistem ini dirancang dengan tujuan dapat memudahkan para pelanggan dalam menyampaikan permasalahannya. Dengan menerapkan algoritma Backward Chaining, aplikasi ini diharapkan juga dapat membuat permasalahan-permasalahan dari pelanggan terdata dengan baik. Pelanggan juga tidak harus selalu menanyakan terkait status dari permasalahannya vi tersebut. Karena dengan adanya sistem aplikasi Pengajuan Helpdesk ini, perubahan status dari permasalahan tersebut akan mengirimkan notifikasi melaui email pengguna aplikasi Pengajuan Helpdesk secara real-time. Kata Kunci: Helpdesk, Backward Chaining, Notifikasi. Helpdesk is someone whose job is to answer questions from problems experienced by users of a company's services. The purpose of the helpdesk is generally to find solutions or provide directions to service users regarding how to use, there are errors in the product, and so on. The existence of a helpdesk can be said to be very important for a company. Due to the existence of a helpdesk system, service users can find solutions to their problems quickly and in a targeted manner. PT Candi Berkah Tehnlogi is a company engaged in providing information technology solutions. One of them is in the development and maintenance of website-based application systems. PT Candi Berkah Tehnologi also has several application systems for its customers who are currently maintaining the application system. Currently, if there are questions or problems with the application system, application users report these problems via WhatsApp messages. This is of course very ineffective. It often happens that these messages are missed so that they are not handled because they are covered with new messages from customers/application users. Customers also find it difficult to trace the latest status of the problem. For this reason, the authors designed a Helpdesk Submission application system. This system is designed with the aim of making it easier for customers to convey their problems. By implementing the Backward Chaining algorithm, this application is also expected to be able to record customer problems properly. Customers also don't have to always ask about the status of the problem. Due to the existence of this Helpdesk Submission application system, changes in the status of the problem will send notifications via email to the Helpdesk Submission application users in real-time. Keywords: Helpdesk, Backward Chaining, Notification

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41519110025
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Helpdesk, Backward Chaining, Notifikasi. Keywords: Helpdesk, Backward Chaining, Notification.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: SITI NOVI NUR CAHYANI
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:08
Last Modified: 09 Sep 2023 08:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80616

Actions (login required)

View Item View Item