ANALISIS PENGARUH RASIO FINAL GEAR DAN KECEPATAN TERHADAP PUTARAN GEAR PINION DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL HYBRID URBAN KMHE 2018

POETRO, KOERNIAWAN HASTHO (2019) ANALISIS PENGARUH RASIO FINAL GEAR DAN KECEPATAN TERHADAP PUTARAN GEAR PINION DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL HYBRID URBAN KMHE 2018. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL 41316120004 Koerniawan Hastho Poetro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

In automotive world, differential ratio also known as final gear ratio. It consist of pinion gear and ring gear. Final gear ratio will be affecting car speed and fuel consumption that can be achieved. Research will be performed by experiment and data collection will be displayed through descriptive methode. Research began by selecting 2 kind of final gear ratio which are 1,27 and 2,53. Those ratios have been achieved by selecting pinion gear 15 and 30 teeth and ring gear 38 teeth, which are common and easy to find on the market. Testing performed by running the car on the tarmac testing track, 2800 meters (4 lap @700 meters), from stop until reached finish line with limited the speed test by 30 km/h and 40 km/h. Each test will be performed 5 times and the data collection will be displayed by tabulation and chart. The test results shown pinion gear with 30 teeth have less travelling time, less engine rotation and better fuel efficiency compare with pinion gear 15 teeth. Pinion gear 30 teeth have 8,9% better fuel consumption on 30 km/h speed and 4,7% better fuel consumption on 40 km/h. Keywords: hybrid car, differetial ration, speed, final gear ratio, fuel consumption Rasio diferensial dalam dunia otomotif disebut sebagai rasio roda gigi akhir (final gear ratio). Rasio roda gigi akhir terdiri dari pinion gear dan ring gear. Rasio roda gigi akhir (final gear ratio) akan mempengaruhi kecepatan dan konsumsi bahan bakar yang dapat dicapai oleh mobil. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dan data yang didapat ditampilkan dengan metode deskriptif. Pengujian dimulai dengan memilih dua rasio roda gigi akhir yaiitu 1,27 dan 2,53. Nilai rasio roda gigi akhir ini didapatkan dari pemakaian pinion gear dengan jumlah gigi 15 dan jumlah gigi 30, yang dipasangkan dengan ring gear dengan jumlah gigi 38 yang banyak terdapat di pasaran. Pengujian dilakukan dengan menjalankan mobil di lintasan beraspal sepanjang 2800 meter (4 lap @700 meter), dari posisi diam hingga mencapai garis akhir lintasan, dengan kecepatan 30 km/jam dan 40 km/jam. Pengujian dilakukan sebanyak 5 kali untuk masing-masing nilai rasio roda gigi akhir dan masing-masing kecepatan. Data yang dihasilkan ditampilkan dalam bentuk tabulasi dan grafik. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa roda gigi pinion dengan jumlah gigi 30 memerlukan waktu tempuh lebih singkat, putaran mesin lebih rendah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan roda gigi pinion bergigi 15. Roda gigi pinion berjumlah gigi 30 memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar 8,9% lebih baik pada kecepatan 30 km/jam dan memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar 4,7% lebih baik pada kecepatan 40 km/jam. Kata Kunci: mobil hibrida, rasio diferensial, kecepatan, final gear ratio, konsumsi bahan bakar

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41316120004
Uncontrolled Keywords: mobil hibrida, rasio diferensial, kecepatan, final gear ratio, konsumsi bahan bakar
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:21
Last Modified: 06 Sep 2023 01:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80381

Actions (login required)

View Item View Item