MOTIF REMAJA WANITA MENGGUNAKAN KOSMETIK PADA PEMBUATAN KONTEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Pada Remaja Wanita Pengguna TikTok)

OCTAVIA, RANI (2023) MOTIF REMAJA WANITA MENGGUNAKAN KOSMETIK PADA PEMBUATAN KONTEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Pada Remaja Wanita Pengguna TikTok). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
44219110127-Rani Octavia-01 Cover - Rani Octavia.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
44219110127-Rani Octavia-02 Abstrak - Rani Octavia.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
44219110127-Rani Octavia-03 BAB 1 - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (Bab 2)
44219110127-Rani Octavia-04 BAB 2 - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (Bab 3)
44219110127-Rani Octavia-05 BAB 3 - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (Bab 4)
44219110127-Rani Octavia-06 BAB 4 - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
44219110127-Rani Octavia-07 BAB 5 - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44219110127-Rani Octavia-08 Daftar Pustaka - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (Lampiran)
44219110127-Rani Octavia-09 Lampiran - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (Formulir pernyataan keabsahan dan persetujuan publikasi tugas akhir)
44219110127-Rani Octavia-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Rani Octavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, teknologi digital mampu melahirkan aplikasi- aplikasi untuk kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain yang bisa disebut media sosial, salah satunya TikTok. Dalam pembuatan isi konten di TikTok ada beraga jenis konten yang dibuat, umumnya khususnya remaja wanita menggunakan kosmetik saat pembuatan konten, respon dari pengguna TikTokpun beragam ada yang bilang cantik, ada yang bilang cantik hanya menggunakan make up dan lainnya. Yang orang lain tahu hanyalah tampilannya saja tanpa tahu motif remaja wanita menggunakan kosmetik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, menggunakan paradigma kontruktivisme karena berorientasi pada pemahaman realita yang direkontruksi dari pengalaman dan pemaknaan masyarakat tentang dunia sosial. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling berdasarkan tiga kriteria hingga terpilih tiga informan. Data primer didapat dari wawancara mendalam dan observasi kepada informan, kemudian data sekunder dari dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat 2 macam motif penggunaan kosmetik di pembuatan konten TikTok yaitu Motif Intrinsiknya adanya motif menambah rasa percaya diri, menambah ketertarikan orang lain dan usaha membentuk kesan yang baik. Motif Ekstrinsiknya yaitu faktor keluarga (mengajarkan untuk tampil rapi) dan faktor sosial yang mana di era sekarang banyak wanita yang menggunakan kosmetik dikarenakan era sekarang penampilan adalah hal yang utama. Dengan motif tersebut, terlihat bahwa latar belakang, maksud dan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan citra diri. Kata Kunci: Komunikasi, Interaksi Sosial, Media Sosial, Aplikasi TikTok, Motif. Along with the times, digital technology is able to give birth to applications so that we can communicate and interact with other people which can be called social media, one of which is TikTok. In creating content on TikTok, various types of content are created, in general, especially young women use cosmetics when creating content. The responses from TikTok users vary, some say they are beautiful, some say they are beautiful only using make-up and so on. What other people know is just how they look without knowing the motives of young women using cosmetics. The research method used in this research is a case study with a qualitative approach, using a constructivism paradigm because it is oriented towards understanding reality that is reconstructed from experience and people's meanings about the social world. The research subjects were selected by purposive sampling based on three criteria so that three informants were selected. Primary data was obtained from in-depth interviews and observations of informants, then secondary data from documentation. Based on the results of the study, this study obtained the results that there are 2 kinds of motives for using cosmetics in creating TikTok content, namely Intrinsic Motives where there are motives to increase self-confidence, increase interest in other people and try to form a good impression. The extrinsic motives are family factors (teaching them to look neat) and social factors where in the current era many women use cosmetics because in the current era appearance is the main thing. With these motives, it can be seen that the background, aims and objectives are to fulfill self-image needs. Keywords: Communication, Social Interaction, Social Media, TikTok App, Motives.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219110127
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi, Interaksi Sosial, Media Sosial, Aplikasi TikTok, Motif. Keywords: Communication, Social Interaction, Social Media, TikTok App, Motives.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SITI NOVI NUR CAHYANI
Date Deposited: 02 Sep 2023 04:00
Last Modified: 02 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80307

Actions (login required)

View Item View Item